Asap Knalpot Motor Ngebul, Komponen Ini yang Kena!

Senin, 06 Februari 2023 - 10:48 WIB
Kerusakan pada komponen ini juga dapat menjadi salah satu penyebab knalpot motor mengeluarkan asap putih. Seal katup berfungsi sebagai jalur keluar-masuk udara ke ruang pembakaran.

Apabila motor sudah digunakan dalam waktu lama, tak menutup kemungkinan komponen ini mengeras dan kurang rapat saat menutup. Akibatnya, seal katup mengalami kebocoran, sehingga oli mudah masuk ke ruang mesin.

Jika masalah terdapat pada kebocoran seal katup, maka pemilik motor harus segera menggantinya dengan yang baru. Oli mesin juga memegang peranan penting pada sebuah mesin kendaraan. Jenis oli pada tiap kendaraan pasti berbeda dan telah disesuaikan dengan keperluan, termasuk juga dengan kekentalannya.



4. Silinder atau Mesin Aus

Kerusakan silinder biasanya diakibatkan lantaran piston yang sudah aus karena usia penggunaan motor. Kondisi silinder atau liner mesin yang aus membuat oli bisa mengalir ke ruang pembakaran.

Silinder yang sudah aus bisa diatasi dengan cara melakukan bore up atau menambah kapsitas cc mesin dengan menggunakan piston yang lebih besar. Atau bisa mengganti dengan blok silinder yang baru jika ingin tetap dalam kondisistandarpabrik.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More