Begini Untung dan Rugi Membeli Mobil Hybrid di 2023

Selasa, 27 Juni 2023 - 19:10 WIB
Untung dan rugi membeli mobil hybrid di 2023 penting untuk dipahami. Foto: dok TAM
JAKARTA - Pasar Indonesia mulai dibanjiri mobil hybrid selama 2023. Variannya beragam, mulai dari Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Toyota Corolla Cross Hybrid, Wuling Almaz Hybrid, Suzuki Ertiga Hybrid, hingga yang terbaru Yaris Cross Hybrid.

Menariknya lagi, harga mobil bermesin hybrid saat ini jauh lebih terjangkau dibandingkan misalnya 3-4 tahun lalu.

All New Yaris Cross bermesin full hybrid, misalnya, dibanderol mulai Rp407 juta-Rp449 juta. Atau, harga Suzuki Ertiga dengan light hybrid dibanderol mulai Rp273 juta.

Tapi, sebenarnya apa sih keuntungan dan kerugian membeli mobil hybrid di 2023? Nah, berikut rinciannya:

Keuntungan membeli mobil hybrid di 2023:

1. Efisiensi Bahan Bakar Tinggi

Mobil hybrid menggabungkan mesin pembakaran internal dengan motor listrik, yang menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi daripada mobil konvensional.



Motor listrik membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dengan menyediakan tenaga tambahan saat diperlukan, terutama dalam situasi berhenti dan berjalan pelan.

Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross hybrid, misalnya, diklaim bisa tembus 1:30 km/liter. Sedangkan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid mencapai 1:21 km/liter. Tentu saja, ini sangat hemat saat dipakai sehari-hari.

2. Emisi Rendah

Mobil hybrid menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil konvensional. Penggunaan motor listrik mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menghasilkan emisi yang lebih bersih. Ini membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan membantu menjaga kualitas udara yang lebih baik.

3. Lebih Bertenaga

Mobil hybrid mengkombinasikan mesin pembakaran internal dan motor listrik. Mesin pembakaran internal memberikan daya ekstra saat diperlukan, sementara motor listrik memberikan torsi segera dan akselerasi yang halus. Ini menghasilkan pengalaman mengemudi yang lebih responsif dan nyaman.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More