Cara Mudah Mengatasi Klakson Mobil Tidak Bunyi, Bisa Dilakukan di Rumah

Jum'at, 07 Juli 2023 - 11:05 WIB
Klakson mobil tidak bunyi disebabkan karena beberapa hal dan bisa diperbaiki sendiri. Foto: dok Suzuki
JAKARTA - Klakson merupakan salah satu elemen penting pada mobil untuk memberi peringatan kepada pengendara lain. Apabila komponen tersebut tidak berfungsi, maka bisa menyebabkan sesuatu yang tak diinginkan.

Saat klakson mobil tidak bunyi tentu harus segera mencari penyebabnya sehingga bisa diambil solusi terbaik. Jika dibiarkan begitu saja, maka masalah ini bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Ada banyak hal yang menyebabkan klakson mobil tidak bunyi, mulai dari masalah pada kabel hingga sekring yang putus. Untuk itu, simak cara mudah mengatasi klakson mobil yang tidak bunyi seperti dibagikan Suzuki.

1. Temukan Masalah pada Klakson

Pertama-tama, Anda harus menemukan masalah pada klakson terlebih dahulu. Anda perlu mengidentifikasi kerusakan apa yang sebenarnya terjadi pada klakson, apakah suara klakson terlalu kecil atau benar-benar mati total.

Selanjutnya Anda bisa mulai mencari tahu apakah bagian switch klakson rusak atau masih berfungsi dengan baik. Ini dilakukan untuk mencari tahu langkah apa yang harus dilakukan berikutnya.



2. Ganti Sekring Klakson

Apabila kerusakan terjadi pada bagian sekring, maka Anda bisa langsung mengganti komponen yang satu ini. Pertama-tama lepas dulu bagian sekring lalu ganti dengan yang baru, dan pastikan ukuran tegangannya sama.

Dalam hal ini, Anda sangat disarankan untuk memakai komponen sekring yang orisinal jadi kualitasnya terjaga dengan baik. Selain itu komponen yang orisinal juga pasti jauh lebih awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

3. Bersihkan atau Ganti Sakelar

Klakson mobil tidak bunyi bisa disebabkan oleh kerusakan pada sakelar karena karat pada komponen tersebut. Anda bisa membuka dulu bagian ini dan bersihkan karatnya dengan cairan khusus.

Tapi jika karat sudah tidak bisa dibersihkan dan terlalu banyak, lebih baik ganti sakelar baru demi membuat klakson berfungsi kembali.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More