Tak Berani Pelit Teknologi Lagi, Ini 5 Fitur yang Kini Banyak Disematkan Produsen Mobil di Indonesia

Jum'at, 07 Juli 2023 - 14:30 WIB
Teknologi Advanced Driver Assist System (ADAS) terdiri dari berbagai fitur keamanan yang sangat canggih seperti Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Menariknya sekarang tidak perlu keluar uang lebih untuk merasakan kecanggihan teknologi itu. Mobil-mobil seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Hyundai Creta, Toyota Veloz, Honda BR-V, hingga Honda HR-V yang harganya tidak sampai Rp500 juta sudah punya teknologi ADAS.

3. Internet of Vehicle

Internet of Vehicles atau IoV merupakan bentuk evolusi yang terjadi dari sebuah teknologi yang lama atau konvensional. Evolusi yang terjadi memungkinkan untuk penggunaan sistem GPS, rem, sensor dan sistem entertainment. Kemampuan IoV tidak hanya sebatas itu, seperti halnya mengatur mobil, untuk membuka dan mengunci mobil yang bisa Anda kontrol dari jarak jauh melalui smartphone yang sudah terkoneksi internet.

4. Voice Command

Fitur perintah suara (voice command) kini menjadi salah satu fitur yang banyak disematkan di mobil-mobil terbaru sekarang. Fitur ini ternyata memberikan banyak manfaat, termasuk meningkatkan keamanan saat mengemudi. Perintah yang diberikan bisa menaik-turunkan kaca, menyalakan AC, membuka kunci pintu, hingga mengatur volume headunit. Jangan kaget banyak mobil yang harganya di bawah Rp500 juta sudah punya teknologi ini. Contoh Wuling Almaz, Wuling Cortez, Wuling Alvez, dan Wuling Air ev.



5. Kamera 360 Derajat

Mobil dengan dimensi besar, fitur kamera 360 derajat bisa sangat berguna, Terlebih saat ingin parkir dan melewati jalan sempit.

Dengan kamera 360, pengemudi bisa mengetahui visibilatas mobil dalam tampilan 360 derajat alias dari berbagai sisi dari bantuan kamera. Begitupun fitur sensor parkir, fitur ini dapat membantu pengemudi pada saat parkir agar mobil tidak menabrak objek tembok ataukendaraanlain.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More