Nomor Rangka Motor Gunanya untuk Apa? Ini Jawabannya

Senin, 27 November 2023 - 17:39 WIB


Dengan mengetahui nomor rangka motor, pemilik kendaraan bisa mengecek apakah motor yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi yang diiklankan.

3. Mengecek Kondisi dan Riwayat Perawatan Motor Bekas yang Ingin Dibeli



Nomor rangka motor juga bisa digunakan untuk mencari informasi tentang sejarah pemakaian, servis, perbaikan, dan kecelakaan yang pernah dialami oleh motor tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menilai sendiri keadaan dari motor tersebut layak atau tidaknya untuk dibeli.

4. Mengurus Administrasi dan Perizinan Kendaraan Bermotor



Nomor rangka motor adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk membuat atau memperpanjang STNK, BPKB, atau asuransi kendaraan. Nomor rangka motor juga diperlukan untuk melakukan balik nama, mutasi, atau penjualan kendaraan.

Untuk mengecek nomor rangka motor, Anda bisa melihatnya langsung di bodi kendaraan, di STNK atau BPKB, atau secara online melalui website resmi yang berhubungan dengan administrasi kendaraan di wilayah Anda.

Namun, Anda harus berhati-hati jika menemukan nomor rangka motor yang tidak rapi, berubah, atau tidak sesuai dengan dokumen. Hal ini bisa menandakan bahwa motor tersebut palsu, curian, atau bermasalah.
(okt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More