5 Penyebab Umum Mobil Boros Bensin, Apakah Salah Satunya Jadi Kebiasaan Anda?

Kamis, 14 Desember 2023 - 16:17 WIB
Saat siang hari terik dan cuaca sangat panas, pengguna kendaraan cenderung memaksimalkan suhu AC sampai paling dingin. Namun, terlalu sering melakukan hal tersebut bisa membuat bensin jadi boros. Sebab, makin rendah suhu AC, maka membutuhkan bahan bakar yang makin banyak.

Saat suhu AC semakin dingin, kompresor yang memompa refrigerant akan membagi data. Power mesin jadi terkuras karena kompresor AC bekerja terlalu keras. Jadi, sebaiknya gunakan sewajarnya saja, ya.

4. Filter Udara Kotor



Mesin pada mobil membutuhkan suplai udara bersih, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal. Filter udara yang kotor akan mengurangi pasokan udara bersih ke dalam mesin.

Dampak buruk yang terjadi jika filter udara dibiarkan kotor adalah berkurangnya udara masuk ke dalam mesin. Hasilnya adalah piston bekerja dengan berat, sehingga Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam agar bertenaga dan membuat bensin boros.

5. Penggunaan BBM yang Tidak Tepat



Kenaikan harga pada salah satu jenis BBM membuat masyarakat beralih ke jenis yang lebih murah. Masyarakat lebih fokus terhadap harga yang mereka keluarkan dibandingkan oktan BBM yang digunakan.

Padahal, seharusnya mobil menggunakan BBM dengan oktan paling tidak 95. Penggunaan yang jauh lebih rendah dari oktan 95 akan membuat tarikan mesin menjadi lebih berat. Akibatnya, konsumsi bensin pun akan lebih banyak dari biasanya.

Makanya, biar harga bensin jadi lebih murah, belinya pakai voucher aja. Dapatkan voucher BBM dengan harga hemat sekaligus gratis ongkir di AladinMall ! Download aplikasinya sekarang di Google Play dan App Store buat belanja sebelum kehabisan!
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More