Pemerintah Bakal Standarisasi Baterai Motor Listrik, Ini Tanggapan Honda

Minggu, 31 Desember 2023 - 14:12 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan opsi kepada konsumen untuk mengisi daya baterai di rumah dengan Honda Mobile Power Pack e: atau swap. Foto/SINDOnews
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan motor listrik pertamanya di Indonesia, yakni EM1 e:. Produsen asal Jepang itu juga memberikan opsi kepada konsumen untuk mengisi daya baterai di rumah dengan Honda Mobile Power Pack e: atau swap .

Seperti diketahui, pemerintah akan segera mengeluarkan regulasi mengenai standarisasi baterai motor listrik . Tujuannya adalah demi mempermudah dan meyakinkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, khususnya roda dua.

Standarisasi baterai meliputi jenis, kapasitas, bentuk, serta ukurannya. Hal ini membuat setiap produsen motor listrik harus menyesuaikan lagi penyimpanan baterai yang dipasarkan.



Sementara Honda saat ini memproduksi baterai sendiri untuk motor listrik yang mereka pasarkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apabila aturan standarisasi baterai berlaku, maka mereka harus melakukan beberapa penyesuaian.



Octavianus Dwi Putro, Marketing Director PT AHM mengatakan pihaknya mendukung penuh regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Menurut dia, hal tersebut untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen.

“Kita akan ikutin pemerintah. Tapi kembali sudut pandangnya konsumen, kita akan kasih opsi ke konsumen saja nanti kita akan ikutin saja,” kata Octa saat ditemui di Cikarang, beberapa waktu lalu.

Alasan Honda memproduksi baterai sendiri untuk memangkas ongkos produksi dan memudahkan konsumennya. Hal ini juga dilakukan untuk mempermudah dalam mendesain produk yang akan mereka pasarkan.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More