Simak Langkah Tepat Sebelum Membeli Ban Motor

Jum'at, 01 Maret 2024 - 14:28 WIB
Pada umumnya, ban di pasaran khususnya wilayah indonesia mempunyai tingkat keawetan cenderung lebih singkat, yaitu sekitar 1-2 tahun. Namun untuk ban impor biasanya sampai 2 tahun. Tapi semua ini tergantung dari cara merawat ban.

5. Pilih Permukaan Telapak Sedang



Ban dengan telapak yang kecil memang tidak banyak menyedot tenaga dari mesin. Pasalnya, bidang yang bergesekan dengan permukaan jalan juga relatif sedikit. Alhasil, motor lebih irit bahan bakar.

Ban tipe itu juga menjadikan motor lebih lincah tapi telapak yang kecil lebih berisiko tergelincir, bahkan ban rentan pecah. Oleh sebab itu, gunakan ban dengan telapak berukuran sedang. Bila kesulitan untuk menemukannya, lebih baik mengikuti standar dari pabrikan motor.

6. Tentukan Tujuan Penggunaan Ban

Ada banyak macam ban sepeda motor yang dapat dijumpai di pasaran. Sepeda motor yang murni digunakan untuk harian dengan sepeda motor untuk penggunaan harian namun sesesekali untuk touring juga memerlukan ban yang berbeda.

7. Tentukan Jenis Jalan yang Biasa Dilalui

Kondisi jalanan yang sering dilalui perlu dipertimbangkan sebelum memilih ban. Jika penggunaan sebagian besar di dalam kota dengan jalanan yang relatif kering, dapat menggunakan ban harian kering.

Tetapi jika penggunaan motor kebanyakan di daerah pegunungan atau di kota dengan curah hujan tinggi, sehingga jalanan sering basah, lebih aman jika menggunakan ban dual purpose.



8. Sesuaikan Budget

Memilih ban motor juga waib sesuaikan dengan kondisi isi kantong, jangan sampai membeli ban mahal hanya sekadar gengsi sehingga tidak memikirkan faktorkeselamatan.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More