Tips Aman Berkendara saat Puasa, Paling Penting Kontrol Diri

Rabu, 13 Maret 2024 - 13:12 WIB
Berkendara saat puasa di bulan Ramadan memiliki banyak tantangan. (Foto: Pexel)
JAKARTA - Tips aman berkendara saat puasa penting untuk dipahami agar selamat sampai tujuan dan ibadah juga tetap lancar.

Berkendara saat puasa di bulan Ramadan memang lebih menantang ketimbang hari biasa lantaran diperlukan kesabaran berlebih, stamina serta konsentrasi lebih.

Saat berpuasa orang cenderung mudah emosi lantaran menahan lapar, kantuk dan haus, sementara lalu lintas saat Ramadan juga cenderung lebih padat ketimbang hari-hari biasa.

Berikut tips aman berkendara saat puasa dilansir dari laman Suzuki, Rabu (12/3/2024):

1. Cukup Istirahat



Tubuh manusia membutuhkan istirahat cukup agar tetap fit. Istirahat yang cukup bervariasi pada tiap orang, namun biasanya dikisaran 7-8 jam sehari. Saat bulan puasa, biasanya ritme seseorang berubah karena jadwal aktivitas juga berubah. Penting diperhatikan, waktu istirahat jangan sampai terganggu. Sebab, jika tubuh kurang istirahat tentu akan berpengaruh saat mengemudi. Kurang konsentrasi akibat mengantuk tentu sangat berbahaya di jalanan.





2. Asupan makanan yang tepat



Meski terdengar tak ada kaitannya dengan puasa dan mengemudi, asupan makanan yang tepat ternyata berpengaruh juga. Saat sahur dan berbuka, jika makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak sehat dan kurang bergizi tentu akan memengaruhi kebugaran saat berkendara. Perhatikan pola makan sehat serta konsumsi suplemen jika diperlukan.

3. Jangan mengebut

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More