Simpan Ini! Daftar Nomor Penting Saat Mudik Lebaran 2024

Sabtu, 06 April 2024 - 15:52 WIB
Daftar nomor penting saat mudik Lebaran 2024 wajib diketahui pemudik. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Ada sejumlah nomor penting alias nomor darurat yang wajib Anda catat dan simpan saat mudik Lebaran. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi manakala terjadi situasi darurat yang membutuhkan bantuan.

Sebelum mudik Lebaran 2024, Anda sebaiknya mempersiapkan diri dengan matang. Selain keperluan mudik seperti perlengkapan dan kendaraan, Anda juga perlu menyimpan beberapa nomor penting.

Sejumlah nomor telepon darurat tersebut akan sangat membantu kelancaran aktivitas mudik, jika suatu ketika mengalami kendala di jalan dan membutuhkan bantuan sejumlah pihak bersangkutan untuk di hubungi.

Dilansir dari laman resmi Kominfo, salah satu nomor darurat yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia adalah 112.

Call Center 112 adalah bagian dari Program Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 (Call Center 112) yang sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu.



Call Center 112 dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Pos dan Informatika pada Direktorat Pengembangan Pitalebar Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Call Center 112 dilaksanakan secara Desentralisasi yakni Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota (kecuali DKI Jakarta dilakukan oleh Pemerintah Provinsi).

Pelaksanaan layanan Call Center 112 ini dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa unit yang terjun ke lapangan untuk memberikan bantuan darurat secara administratif dan kecepatan penanganan berada di daerah (Organisasi Pemerintah Daerah/OPD).

Mulai dari Pemadam Kebakaran/BPBD, Dinas Kesehatan/RSUD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dll, instansi vertikal seperti Polres, dan instansi/lembaga terkait di daerah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More