Usai Dipakai Mudik, Perhatikan Volume Oli Kalau Tidan Mau Turun Mesin

Minggu, 21 April 2024 - 21:01 WIB

3. Daya Tahan Mesin Turun



Oli juga berperan penting dalam menjaga daya tahan dan keawetan mesin. Oleh karena itu, terlambat mengganti oli bisa memendekkan usia mesin motor. Jika hal ini terjadi, pemilik harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaiki berbagai komponen yang terdampak

4. Piston Alami Kerusakan



Oli yang mulai kering akan meningkatkan friction coefficient antara ring piston dan dinding silinder, sehingga mengakibatkan panas pada ruang bakar. Hal ini akan berujung pada akumulasi panas yang berlebihan atau overheat.

Overheat akan mengakibatkan piston terkunci, di mana piston over ekspansi daripada ekspansi silinder, yang merupakan kondisi yang cukup buruk. Idealnya, ekspansi piston tidak boleh lebih besar daripada ekspansi silinder.

5. Motor Mati Mendadak



Oli yang kering oli membuatnya tidak bisa terdistribusi dengan baik, sehingga ring piston ikut mengering. Hal ini akan mengakibatkan matinya mesin motor secara mendadak meski bensin masih terisi penuh.

6. Turun Mesin



Ini efek lanjutan jika oli mesin benar-benar habis, maka dipastikan motor bisa turun mesin. Seperti diketahui, biaya untuk memperbaiki motor yang turun mesin cukup besar. Bahkan jika kerusakannya parah, maka wajb mengeluarkan biaya sampai jutaan rupiah.
(wbs)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More