China Bikin Baterai EV Ultra-Fast Charging, Ngecas 80 Persen dalam 10 menit!

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 09:15 WIB
CATL menjadi salah satu pabrikan baterai mobil listrik yang memiliki teknologi sangat maju. Foto: CATL
BEIJING - Produsen baterai raksasa Tiongkok Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL) memperkenalkan teknologi baterai baru yang mampu mengisi daya super cepat: mencapai 80% dalam waktu kurang dari 10 menit.

Dominasi Tiongkok dalam teknologi baterai Lithium Iron Phosphate (LFP), yang diklaim lebih aman dan lebih hemat biaya daripada alternatif nikel-kobalt, sampai di tahap baru. Yang lebih unggul dibanding pesaing seperti LG dan Samsung dari Korea Selatan.

Penyimpanan Baterai

Produsen baterai terbesar di dunia CATL sedang berupaya membuat kendaraan listrik lebih menarik bagi pembeli yang ragu-ragu dengan menawarkan waktu pengisian daya lima menit untuk jangkauan yang layak. Tentu saja ini akan memberi pengemudi pengalaman super cepat yang sama seperti mengisi bensin di SPBU.



Saat ini, waktu pengisian daya untuk EV berkisar antara 20 menit hingga belasan jam, tergantung pada jenis dan kecepatan pengisi daya, serta kapasitas baterai kendaraan.

Pengisian 80 persen dalam waktu kurang dari 10 menit diklaim akan merevolusi pengalaman berkendara EV.

Namun, para ahli menunjukkan bahwa pengisian daya super cepat yang berlebihan dapat menghabiskan masa pakai baterai lebih cepat dan meningkatkan risiko kebakaran baterai karena panas berlebih selama pengisian daya kurang dari 10 menit.

Selain itu, kurangnya pengisian daya super cepat hanyalah salah satu dari kecemasan pengemudi saat ini yang mempertimbangkan untuk membeli EV.

Lainnya termasuk tidak cukupnya titik pengisian daya umum untuk perjalanan mobil yang nyaman dalam jarak yang lebih jauh, biaya pembelian dan perawatan EV dengan ketidakpastian tentang insentif, dan penggantian baterai yang mahal.

Terobosan Pengisian Daya 10 Menit

CATL sendiri merupakan produsen baterai terbesar di dunia, memasok baterai ke Tesla dan BMW. Pada April mereka meluncurkan baterai LFP pertama di dunia yang mencapai jangkauan di atas 1.000 kilometer dengan pengisian daya super cepat 4C.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More