Samsung Siapkan Jebolan SMA dan SMK untuk Hadapi Industri 4.0

Senin, 05 Oktober 2020 - 23:52 WIB


"Kami harap program pembelajaran yang Samsung hadirkan bisa menjadi pembekalan bagi para lulusan untuk menghadapi era Industri 4.0 karena sangat penting untuk pendidikan bisa bersinergi selaras dengan link and match dengan dunia industri. Ke depan kami berharap kerja sama ini bisa lebih dalam lagi melibatkan industri dari hulu sampai ke hilir dalam ekosistem penyelenggaraan SMK," papar Wikan.

Di sisi lain, Direktur Manajemen R&D Samsung R&D Indonesia, Risman Adnan menyampaikan, tantangan era Industri 4.0 akan sulit untuk dihadapi para lulusan SMA dan SMK, tanpa dibekali pendidikan yang membentuk keahlian.

Oleh sebab itu, pihaknya menaruh perhatian besar pada peningkatan kualitas pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan di era tersebut. "SIC merupakan sebuah program global yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan sekaligus kemampuan beradaptasi dengan teknologi dan digitalisasi. Program ini merupakan program berkelanjutan, ke depannya Samsung menargetkan untuk bermitra dengan lebih banyak lagi sekolah di Indonesia,” kata Risman.

Penilaian Ketat

Peserta SIC Project Competition 2020 menampilkan hasil proyek yang diikutsertakan, SMKN 1 Geger –Madiun menghadirkan proyek berjudul Smart Hydroponic Technology (SAHYT), SMK Al Huda –Kediri dengan proyek Sistem Pengairan Otomatis (Smart Irrigation System) Berbasis Arduino, BINUS SCHOOL Simprug –Jakarta dengan proyek 2D Platformers Arcade Game, dan BINUS SCHOOL Serpong –Tangerang dengan proyek Automatic Dispenser For Hand Sanitizers.

Masing-masing peserta mempersiapkan proyeknya berdasarkan materi yang diberikan lewat program SIC dengan kurun waktu satu bulan.

Peserta kompetisi juga harus melewati 2 tahap penilaian yaitu tahap laporan atau dokumentasi tertulis dan tahap presentasi. Adapun dewan juri yang terlibat dalam penentuan pemenang dalam SIC project competition 2020 ini adalah Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Saufi; Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia, Muhammad Ramli Rahim; dan dari pihak Samsung Electronics Indonesia diwakili Risman Adnan.

Poin-poin yang menjadi penilaian adalah masalah teknis (10%), ide, kreatifitas dan keaslian project (20%), pembuatan konstruksi project (15%), potensi pemanfaatan dan komersialisasi (15%), kemampuan presentasi (10%), demonstrasi (15%), serta tanya dan jawab (15%).

SIC Project Competition 2020 berhasil dimenangkan oleh SMKN 1 Geger –Madiun dengan menampilkan proyek Smart Hydroponic Technology (SAHYT). Pemenang berhak menyandang gelar The Best SIC Project 2020 dengan hadiah Samsung Galaxy A71 kepada masing masing anggota team beserta guru pembimbing.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More