Tips Parkir Paralel Mobil Matic Bagi Para Pemula

Kamis, 10 Juni 2021 - 17:05 WIB
Jika tak bisa didorong, maka yang ada hanyalah menyulitkan pengendara lainnya. Foto: Ist
JAKARTA - Ada kalanya kejadian mobil matic yang tidak bisa didorong ketika sedang parkir paralel karena menyalakan handbrake. Padahal ada mobil lain yang ingin keluar.

Jika tak bisa didorong, maka yang ada hanyalah menyulitkan pengendara lainnya. Dari pada masalah ini terus berulang, simak penjelasan tips parkir paralel untuk mobil matic bagi para pemula di bawah ini.



Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Ketika berada di lahan parkir yang tidak terlalu luas, maka pola paralel pasti diterapkan. Lewat pola ini, maka bagian depan mobil akan bertemu bagian belakang dari kendaraan di depannya. Untuk membuat sistem keluar-masuk mobil dengan mudah, setiap mobil tidak diperbolehkan menggunakan handbrake. Penerapan ini akan membuat proses keluar-masuk mobil tetap mudah karena setiap kendaraan di sana dapat didorong



Sebenarnya mobil dengan transmisi matic memiliki peluang roda-roda terkunci saat parkir menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan model manual. Alasan utamanya bukan karena mengaktifkan handbrake, tetapi mereka belum mengetahui fungsi tombol shift lock. Saat ini hampir semua mobil transmisi matic telah memiliki tombol shift lock.

Dengan keberadaan tombol ini, maka pengendara tak perlu mengaktifkan handbrake ketika sedang parkir paralel. Melansir laman Auto2000, Kamis (10/6) berikut cara penggunaan tombol shift lock

1. Geser transmisi ke posisi ā€œPā€

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggeser transmisi ke posisi ā€œPā€. Tentu saja ini memberikan penanda pada mobil bahwa Anda sedang ingin parkir. Ketika tuas ada di posisi ini, secara otomatis seluruh roda mobil terkunci.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More