Wajib Tahu, Ini 9 Jenis Ban Mobil Untuk Dipakai Dijalan Raya

Sabtu, 12 Juni 2021 - 19:05 WIB
3. Comfort tire

Ban jenis ini menggunakan karet yang tebal dan alur banya dibuat merapat. Tujuan nya adalah untuk mengutamakan kenyamanan Anda saat berkendara. Di lain sisi, ban yang cenderung tebal ini juga bisa mempercepat aliran udara di atas permukaannya. Biasanya ukuran dari ban in terlihat tebal dari ban lainya.

4. Ban radial

Jenis ban mobil radial memiliki ciri mencolok, yaitu lapisan seratnya yang menyilang pada lingkar ban. Ban radial ini biasa dipakai untuk mobil tipe penumpang dan truk ukuran sedang. Tidak dipakai untuk kendaraan alat berat seperti tronton karena sifat ban tidak akan kuat menahan beratnya.

5. Performance tire

Ban ini sering digunakan sebagian kalangan orang untuk keperluan balap. Hal itu dikarenakan bahwa Ban Performance tire adalah jenis ban mobil yang dipakai untuk mengoptimalkan performa. Ban ini dirancang untuk menjaga kendali mobil tetap ngegrip nempel ke aspal. Ban jenis ini bahkan biasanya memiliki alur yang sedikit untuk keperluan balap di trek aspal kering. Namun tidak cocok untuk digunakan saat ujan karena sedikit alir pada ban yang membuat sifatnya licin.

6. Spare tire

Spare tire merupakan ban cadangan atau serep. Terdapa dua jenis ban serep diantaranya temporary space saver dan full-size. Jenis spare tire pertama adalah ban khusus sementara yang memiliki ukuran lebih kecil dari ban bawaan. Hanya boleh berkendara pada kecepatan maksimal 50 km/jam. Sedangkan jenis kedua adalah ban dengan pelek yang sama seperti standar bawaan mobil.

7. Off-road tire

Anda pasti tau dari namanya off-road tire. Betul, jenis ban mobil ini memang tak biasa digunakan pada mobil yang melibas medan non-aspal. Terdapat dua macem ban offoad yaitu all-terrain atau ban AT yang artinya bisa melintas di jalan off-road maupun jalan biasa, serta mountain terrain MT untuk jalanan berpasir dan berlumpur. Model Ban MT (Mountain Terrain ) memiliki tapak lebar alur lebih menonjol seperti ban pacul dengan celah banyak grip daripada all-terrain fire.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More