Orang-orang Bule yang Bikin Mobil China Jadi Fantastis, Mewah dan Futuristis

Selasa, 07 September 2021 - 15:00 WIB
Jejak rekam Walter de Silva juga sangat panjang. Dia mengawali karirnya sebagai pemimpin desain mobil Italia, Alfa Romeo. Setelahnya dia kemudian berpindah ke Audi dan Volkswagen. Salah satu mobil keren yang dibuat untuk Volkswagen adalah Volkswagen Scirocco.

Wayne Burgess



Geely adalah perusahaan mobil China yang paling getol membajak desainer otomotif kelas dunia. Pertama dia membajak Wayne Burgess dari Jaguar dan Aston Martin. Tidak main-min Wayne Burgess adalah sosok sentral dari Jaguar dalam menciptakan sedan mewah moderen Jaguar seperti Jaguar XJ, Jaguar XF, Jaguar F-Pace dan Jaguar I-Pace. Hanya saja pembajakan tersebut berlangsung cepat. Bergabung pada 2019 dia kini justru dibajak lagi oleh perusahaan motor listrik India, Ola.



Peter Horbury



Kepergian Wayne Burgess tidak membuat Geely kehabisan akal dan dana. Mereka justru dengan cepat mendapatkan gantinya yakni Peter Horbury. Sosok Peter Horburry merupakan figur sentral bagi Chrysler, Ford dan Volvo. Salah satu mobil fenomenal yang dia buat adalah Volvo Concept Universe pada 2011.

Melihat potensi yang ada kini Peter Horbury justru diberikan tugas baru dari Geely yakni merevolusi desain mobil Lotus. Diketahui saat ini Lotus yang dikenal sebagai mobil legendaris Inggris, telah dimiliki oleh Geely.

Stefan Sielaff
Halaman :