Lima Langkah Jitu Merawat Mobil Selama di Rumah Saja

Selasa, 09 Juni 2020 - 12:08 WIB
Rem

Bagian kedua yang tidak kalah penting adalah rem. Karat pada permukaan rotor rem mobil berpotensi muncul jika lama tidak digunakan.

Terlebih saat Anda membiarkan penggunaan rem parkir terlalu lama. Hal tersebut dapat mengakibatkan kampas rem dan rotor menempel erat. Solusinya, Anda bisa melepas rem parkir saat memarkir mobil di permukaan yang rata. Sama halnya dengan ban, sebaiknya mobil tetap digunakan seminggu sekali agar kondisi rem tetap baik.

Aki

Aki merupakan nyawa dari sebuah mobil. Jika tidak digunakan dalam waktu lama, aki dapat mengalami pengurangan daya (discharging). Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa melepas koneksi kabel aki agar meminimalisir proses discharging pada aki. Selain itu, cek fisik aki.

Apabila sudah terlalu banyak kandungan acid yang menempel pada konektor, sebaiknya segera dibersihkan karena dapat mengganggu konektivitas aki dengan sistem kelistrikan mobil Anda.

Cairan

Pengendapan cairan pada oli mesin, oli transmisi, serta cairan pendingin bisa saja terjadi jika mobil tidak digunakan. Tak hanya itu, bahan bakar mobil juga bisa menguap jika didiamkan terlalu lama.

Tidak perlu khawatir, cara mengatasinya mudah. Anda cukup memanaskan kendaraan minimal tiga kali seminggu. Pastikan kondisi mesin menyala selama 1-3 menit pada posisi idle.

Hama
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More