8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak, Bisa Berakibat Fatal!

Kamis, 24 Februari 2022 - 17:55 WIB


Tak jarang terdapat pengguna mobil yang asal memilih kampas rem yang kurang berkualitas karena tergiur harga murah.

Tapi, dampaknya menimbulkan bunyi saat rem diinjak. Anda disarankan untuk cermat dalam memilih merek kampas rem yang beredar di pasaran. Sebaiknya pilih kampas rem asli di bengkel resmi.

3. Pedal Rem Kurang Pelumas

Pedal rem yang kekurangan pelumas tentu akan memicu rem mobil bunyi ketika diinjak. Oleh karena itu, engsel yang ada pada bagian rem harus rutin dilumasi agar rem mobil tidak berbunyi ketika sedang dikendarai. Sebaiknya juga rutin lakukan perawatan.

4. Gangguan pada Rem Tromol

Masalah rem mobil lainnya yakni cakram dan tromol yang kotor. Cara mengatasinya yakni dengan cara membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan rem. Maka kinerja rem tromol pun akan kembali normal. Jadi, pastikan rem Anda tidak terhalang tumpukan kotoran.

5. Terkena Oli

Penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak bisa disebabkan tetesan oli. Oli yang menetes dan mengenai cakram rem bisa membuat rem kurang pakem sehingga memicu bunyi pada saat pengereman dan menurunkan perfoma pengereman.

Kondisi ini akan membahayakan keselamatan saat berkendara. Untuk itu, segera bersihkan oli yang menempel pada cakram rem Anda.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More