Fungsi Fuel Pump Mobil Beserta Ciri-Ciri Kerusakannya

Rabu, 11 Mei 2022 - 10:17 WIB
Fungsi fuel pump atau pompa bensin sangat penting untuk menjaga peforma mobil. Foto: Sindonews
JAKARTA - Fuel pump atau biasa disebut pompa bensin adalah komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin. Dalam ruang pembakaran inilah yang mengubah bahan bakar menjadi daya hidup mesin.

Untuk mobil injeksi, fuel pump berfungsi memompa bensin menuju injektor. Fuel pump sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu fuel pump mekanis dan fuel pump elektrik.

Fuel pump mekanis merupakan jenis pompa yang masih menggunakan gerak mekanis memanfaatkan putaran mesin. Sedangkan fuel pump elektrik memanfaatkan energi listrik dari baterai dimana kinerja pompa dikendalikan oleh listrik.

Performa mobil kita tentunya sangat bergantung dengan kinerja fuel pump ini. Sebab itu, kondisinya harus dijaga dengan baik. Nah, dibawah ini merupakan ciri ciri dimana fuel pump mengalami kerusakan :

1. Mesin Mobil Sulit Dinyalakan



Hal ini terjadi biasanya ketika mobil Anda parkir dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan bahan bakar yang seharusnya sudah siap, tapi tidak tersedia di jalur bahan bakar atau yang disebut jalur fuel line. Selain itu, bisa juga mobil “brebet” atau tersendat. Hal ini karena pompa bensin tersumbat kotoran dari tangki bensin lantaran kualitas bahan bakar buruk. Jadi, mesin terasa kosong meski sudah menginjak gas.

2. Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Kerusakan fungsi fuel pump seringkali juga ditandai dengan lampu indikator mobil yang menyala terus. Lampu indikator injeksi ini berada pada komponen injeksi yang terletak di dashboard bagian dalam sisi kemudi. Apabila ada kedipan pada check engine lamp, maka sudah jelas ada masalah pada bagian pompa bahan bakar mobil.

3. Sekring pada Fuel Pump Gosong
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More