Jangan Anggap Remeh, Kenali Ciri Tensioner Mobil Rusak

Kamis, 09 Juni 2022 - 20:38 WIB
Baca juga : Pengen Mesin Mobil Awet? Pertamax Solusinya

2. Area Belakang Timing Belt Telah Aus

Bukan karena penyetelan tensioner yang terlalu kencang atau renggang saja, penyebab dari tensioner cepat rusak juga karena timing belt yang telah aus. Supaya bisa mengetahui ciri satu ini, cobalah memutar bagian pulley tensioner. Tatkala Anda memutar komponen tersebut, apakah akan timbul suara yang sangat bising atau tidak?

Bila muncul suara bising pada komponen ini, maka bisa dipastikan bahwa tensioner dalam kondisi aus. Terkadang kondisi aus ini tidak merata di bagian belakang timing belt, akibat ketidaksesuaian penyetelan yang dilakukan oleh pabrikan kendaraan bermotor.

Jika ciri tensioner mobil rusak ini sudah tidak memungkinkan atau rusak, maka hendaknya Anda segera mengganti tensioner.

Tensioner sendiri bukanlah suatu komponen penting dalam engine kendaraan roda empat. Namun tatkala komponen ini rusak, maka bisa saja akan menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya. Bila hal ini terjadi, maka performa mobil akan menurun. Tak hanya itu saja, ketika Anda mengendarainya pun akan terasa tidak nyaman seperti biasanya.
(bim)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More