Minimalisir Kecelakaan, Pahamilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi

Senin, 13 Juni 2022 - 15:27 WIB
Baca juga : Ini Penyebab Rem Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya

2. Rem mulai berkarat

Seperti yang dibahas pada point sebelumnya, selain karena suhu bisa juga karena kontak antara rem dengan jalan sering terjadi, belum lagi terdapat debu, lumpur, atau tanah yang sangat mudah masuk ke komponen ini. Sehingga rem sulit untuk digerakkan.

Kinerja rem yang menjadi berat ini akan sering terjadi vapour lock. Vapour lock adalah kondisi di mana ada udara yang terjebak dalam rem, sehingga menyebabkan besi pada sistem rem mudah berkarat.

Penyebab ini bisa diatasi dengan rutin membersihkan mobil. Karena bila sudah terdapat karat yang menumpuk pada rem, komponen ini akan sulit untuk digerakkan.

3. Rem Terlalu Rapat saat Disetel

Dalam penggunaannya, rem memerlukan ruang untuk bergerak. Menyetel rem terlalu rapat dapat membuat rem susah untuk digerakkan.

Rem harus diberikan jarak bebas (freeplay) ketika disetel, baik itu rem cakram maupun rem tromol. Kerapatan kampas rem dan permukaan tromol juga harus teliti saat dipasang. Hal ini supaya rem lebih leluasa untuk digunakan.

Jika sudah terlanjur dipasang terlalu rapat, lakukanlah penyetelan ulang dengan memperhatikan tingkat kerapatan. Sebaiknya lakukanlah hal ini pada ahlinya yang mengerti tentang komponen mobil.

4. Rem sudah melewati masa pakai
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More