Suka Bikin Galau, Ini Penyebab dan Gejala Injektor Mobil Kotor

Senin, 11 Juli 2022 - 11:00 WIB
Penyebab dan gejala injektor mobil kotor dapat dideteksi dari beberapa hal. Salah satunya adalah asap kotor yang keluar dari knalpot mobil. Foto/IST
JAKARTA - Suka bikin galau, ini penyebab dan gejala injektor mobil kotor yang perlu Anda pahami. Sebelum memahami ciri-cirinya, Anda lebih dulu perlu tahu fungsi dari injektor mobil.

Saat ini mobil-mobil moderen sudah menggunakan injektor atau sistem injeksi untuk penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar. Berbeda dengan mobil lawas yang banyak menggunakan karburator yang suplai bahan bakar dan udaranya diatur manual.

Injektor mobil justru mensuplai bahan bakar dan udara lebih canggih dengan sistem komputerisasi yang melalui sebuah alat bernama ECU (Electronic Control Unit). Salah satu kelebihan ECU dibandingkan dengan karburator adalah jarang bermasalah.



Namun, bukan berarti Anda lepas tangan karena jarang bermasalah. Injektor mobil yang tidak terawat dengan baik dan kotor justru akan berdampak buruk pada mobil Anda.



Nah, berikut ini beberapa gejala yang diakibatkan injektor mobil yang kotor:

1. Jarum RPM Naik Turun

Saat Anda mengemudikan mobil Anda akan kesulitan menjalankannya. Pasalnya ECU tidak bekerja dengan normal karena kotornya injeksi mobil. Jarum RPM akan naik turun sehingga laju mobil tersendat.

2. Laju Mobil Sangat Berat
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More