8 Fakta Tentang Baterai dan Teknologi Hybrid di All New Ertiga Hybrid

Senin, 11 Juli 2022 - 16:00 WIB
Menggunakan baterai tambahan untuk menunjang teknologi Suzuki Smart Hybrid, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh konsumen All New Ertiga Hybrid. Foto: dok Suzuki
JAKARTA - Banyak pertanyaan soal All New Ertiga Hybrid , Multi-Purpose Vehicle (MPV) pertama yang diklaim mengusung elektrifikasi di Indonesia. Pertanyaan itu, terkait teknologi hybrid yang digunakan, harga baterainya ketika harus mengganti, apakah ada perawatan khusus, dan lainnya.

”Kami memang masih perlu memberi edukasi terkait teknologi elektrifikasi Suzuki Smart Hybrid di All New Ertiga Hybrid,” beber Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS.

Menurut Hariadi, fungsi utama baterai dan teknologi hybrid di All New Ertiga Hybrid adalah untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. ”Dan sebenarnya komponen vital ini bebas perawatan. Hanya perlu pemeriksaan ringan dengan cara mengikuti anjuran pemakaian agar keawetan dan usia pakai baterai terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Nah, berikut 8 fakta tentang baterai Lithium-ion di All New Ertiga Hybrid yang dibanderol termurah Rp292.300.000 (SS-AT) itu:

1. Pengecekan Berkala



Bengkel Resmi Suzuki akan melakukan pengecekan bersamaan dengan periode service rutin kendaraan. Pengecekan baterai sama seperti perawatan accu maupun komponen lain pada kendaraan pada umumnya secara berkala.

2. Garansi Baterai 5 Tahun

Suzuki memberi masa garansi panjang untuk baterai Lithium-ion yaitu 5 tahun atau 100.000 km. ”Jika diperlukan penggantian baterai, bisa lewat bengkel resmi Suzuki,” terang Hariadi.

3. Memberi Suplai Listrik
Halaman :