Akankah Motor Listrik Jadi Gaya Hidup Baru di 2023?

Sabtu, 31 Desember 2022 - 21:00 WIB
Konvoi motor listrik di Yogyakarta dilakukan untuk mengedukasi masyarakat. Foto: dok PLN
JAKARTA - Motor konversi listrik bergaya chopper ramai konvoi di jalanan kota Yogyakarta belum lama ini. Dan bukan tanpa sebab. Kegiatan tersebut memang diinisiasi oleh PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyebut motor listrik sebagai gaya hidup baru. “Dengan motor listrik, kita bisa bergeser dari energi impor ke domestik. Selama perjalanan tidak ada polusi sama sekali, emisi gas rumah kaca juga menurun drastis. Jadi, motor listrik ini keren,” kata Darmawan.

Konvoi yang diikuti 32 motor listrik menempuh jarak sejauh 23 km dari Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, hingga Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, yang waktu tempuh sekitar 30 menit.

Selain menggunakan motor listrik pabrikan, konvoi tersebut juga diramaikan 11 motor listrik hasil konversi. Motor tersebut disuplai oleh PLN Pusat

Pemeliharaan Ketenagalistrikan (Pusharlis) dan Bengkel EVthink yang berlokasi di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.



“Ada 21 motor listrik pabrikan dan ada 11 motor listrik kreasi anak bangsa (hasil konversi). Saya mengendarai (motor) rakitan anak bangsa sendiri,” ujar Darmawan.

Darmawan menilai motor listrik nyaman dan aman digunakan masyarakat untuk bepergian. Terlebih, saat ini PLN juga sudah menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk memudahkan masyarakat mengisi daya.

Ketertarikan masyarakat terhadap motor listrik sendiri memang meningkat sepanjang 2022. Namun, masih perlu waktu sampai masyarakat benar-benar yakin untuk berganti ke motor listrik.

Faktornya banyak, mulai dari keseriusan pabrikan, ketersediaan dealer/bengkel dan sparepart, ketahanan motor listrik, jumlah SPBKLU, model bisnis sewa baterai, dan masih banyak lagi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More