Bukan LCGC, Begini Rasanya Mencoba Performa dan Manuver Toyota Agya GR Sport di Trek

Senin, 10 April 2023 - 10:50 WIB
loading...
Bukan LCGC, Begini Rasanya Mencoba Performa dan Manuver Toyota Agya GR Sport di Trek
Toyota Agya GR Sport saat dijajal melibas Special Track di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, belum lama ini. Foto: dok TAM
A A A
BALI - Embel-embel Gazoo Racing (GR) di Toyota Agya GR Sport tidak sebatas aksesoris atau emblem semata. Toyota Astra Motor (TAM) ingin benar-benar serius membawa elemen balap/racing. Karena itu, Toyota Agya GR Sport juga mendapat tuning di sisi steering/pengemudi maupun suspensi.

Untuk membuktikannya, SINDONews mencoba langsung Toyota Agya GR Sport di special track yang ada di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, belum lama ini. Ada dua lap yang dilalui. Yakni SINDONews sendirian dan juga di dampingi oleh pembalap Gazoo Racing Indonesia Anjasara Wahyu.

Mesin Lebih Kecil?
Bukan LCGC, Begini Rasanya Mencoba Performa dan Manuver Toyota Agya GR Sport di Trek

Toyota Agya pernah mengusung mesin 3 silinder. Tapi, kemudian diubah jadi 1.2L NR 4 Silinder segaris, DOHC, Dual VVT-i. Nah, All New Toyota Agya 2023, mesin yang digunakan kembali 3 silinder.

Tepatnya, berkode WA-VE 1.200 cc Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 RPM. Intinya, dengan mesin yang lebih kecil (yang berarti lebih irit), performa dan tenaga tetap setara dan lebih baik dibandingkan mesin 4 silinder.

Bukan LCGC, Begini Rasanya Mencoba Performa dan Manuver Toyota Agya GR Sport di Trek

Bahkan secara torsi, mesin tersebut punya output lebih tinggi ketimbang mesin 4-silinder dengan kapasitas yang sama. Penerus tenaga mesin ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien.

Akselerasi Toyota Agya GR Sport dirasakan SINDONews cukup responsif. Baik ketika melakukan tes akselerasi, ataupun saat melalui jalanan perkotaan dan menyalip di tol. Mobil tidak terlalu “ngeden”.

Akselerasi Responsif dan Manuver Lincah
Bukan LCGC, Begini Rasanya Mencoba Performa dan Manuver Toyota Agya GR Sport di Trek

Toyota melakukan special tunning pada pada bagian power steering di Toyota Agya GR Sport dengan power monitor yang lebih tinggi. Juga, steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah. Ini untuk menghasilkan handling gesit dan responsif, namun tetap stabil.

”Fun to drive-nya terasa sekali ya. Saat bermanuver mobilnya nurut dan presisi,” ujar Anjasara Wahyu saat membawa mobil dan menikung dengan kecepatan tinggi.

Di tangan Anjasara, Toyota Agya GR Sport melaju cepat. Melewat beberapa tikungan dengan kecepatan tinggi, bahkan slalom dengan sangat lincah. Terbukti penyetelan khas Gazoo Racing yang membuat suspensi lebih kaku ternyata berdampak besar saat mobil diajak “kebut-kebutan” di trek.

Karakter torsi kuat sejak putaran mesin rendah memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model sebelumnya. Transmisi CVT baru turut menyumbang efisiensi mesin saat berkendara.

Mobil tersebut juga sudah menggunakan EPS dengan rasio roda gigi lebih rapat untuk meningkatkan akurasi pada setir dan lebih lincah saat bermanuver. Dilengkapi juga dengan sport tires untuk memberi daya cengkram optimal. Penyesuaian ini membuat respon setir All New Agya GR Sport meningkat hingga 50 persen dan mereduksi steering angle hingga 45 persen.


Power Mode

Salah satu keunggulan All New Agya yang menarik bagi SINDOnews adalah keberadaan Power Mode yang terdapat pada bagian setir. Ketika mode ini diaktifkan (ditekan), maka mesin mobil memberi respon yang lebih responsif dan mampu menghadirkan sporty feeling. Ini berguna ketika SINDONews ingin menyalip. Tinggal tekan Power Mode-nya saja. Seperti mendapatkan “turbo” sesaat.

Berdasarkan pengetesan internal, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Agya untuk transmisi manual mencapai angka 22 km per liter dan All New Agya CVT efisiensi bahan bakarnya bisa mencapai angka 21,8kmperliter.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3828 seconds (0.1#10.140)