Spesifikasi Morris Minor 1000, Mobil Langka Milik Dirut Waskita yang Jadi Tersangka Korupsi

Rabu, 03 Mei 2023 - 19:43 WIB
loading...
Spesifikasi Morris Minor 1000, Mobil Langka Milik Dirut Waskita yang Jadi Tersangka Korupsi
Morris Minor 1000 termasuk mobil langka yang jadi incaran kolektor. Foto: dok Wikipedia
A A A
JAKARTA - Direktur Utana PT Waskita Karya (Persero) Destiawan Soewardjono resmi ditetapkan sebagai tersangka kasis korupsi oleh Kejaksaan Agung. Ia diduga melakukan penyimpangan penggunaan fasilitas pembiayaan dari sejumlah bank. Sejak berstatus sebagai tersangka, Dirut Waskita menjadi sorotan publik, terutama harta kekayaan yang dimilikinya.

Berdasarkan data dari LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), Destiawan Soewardjono melaporkan hartanya sebesar Rp26,979 miliar pada 2022 silam.

Dari angka itu, ada aset tanah dan bangunan di Kota Bekasi dan Surabaya. Termasuk 3 unit mobil dan 2 unit motor yang nilainya mencapai Rp1,183 miliar.

Tapi ada satu aset dalam garasinya yang jadi pusat perhatian, yaitu Morris Minor lansiran 1964.

Dalam data LHKPN, mobil jadul buatan Inggris itu nilainya hanya Rp150 juta. Padahal, mobil tersebut bisa memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

Bahkan, menjadi incaran kolektor karena populasinya yang sangat minim di Indonesia.

Morris Minor kepunyaan Destiawan merupakan saudara dari Morris Minor Traveler yang dijadikan oplet dalam sinetron Si Doel. Mobil ini hanya mampu menampung 4-5 orang. Tak seperti oplet yang bisa membawa hingga 10 orang.

Dilansir dari Unique Cars and Parts, Morris Minor diproduksi dari 1948 sampai 1971. Mobil ini memiliki kemudi rack-and-pinion dan suspensi belakang independen torsion-bar. Ini membuat mobil memiliki kendali yang mulus dan halus.

Dari segi dapur pacu, model awal mobil ini menggunakan mesin kepala datar Seri E bertenaga rendah, serta lampu depan rendah yang tetap digunakan sampai tahun 1950 ketika mobil menjadi dua pintu, atau lebih baru, empat pintu.



Pada 1956, kapasitas mesin bertambah menjadi 948 cc dan mobil diberi lencana Minor 1000. Ini membuat mobil dapat menempuh kecepatan tertinggi hingga 112 km/jam dan juga membuat mobil ini menonjol karena jendela belakangnya yang lebih besar pada model sedan dan kaca depan satu bagian, tak terpisah seperti sebelumnya.

Jika dilihat dari sejarahnya, maka Morris Minor milik Dirut Waskita adalah Minor 1000 atau Series III yang keluar pada 1956-1971. Versi ini sudah mendapatkan beberapa pembaruan seperti gearboxdanmesin.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)