5 Tips Membeli Mobil untuk Usaha, Jangan Sembarangan Pilih!

Jum'at, 05 Mei 2023 - 15:26 WIB
loading...
5 Tips Membeli Mobil untuk Usaha, Jangan Sembarangan Pilih!
Terdapat sejumlah tips membeli mobil untuk usaha yang perlu diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah tips membeli mobil untuk usaha yang perlu diketahui. Salah satunya adalah dengan menyesuaikan anggaran yang Anda miliki.

Seiring waktu, penggunaan mobil telah memiliki kegunaan yang beragam. Tak hanya menjadi kendaraan ke tempat kerja, mobil juga bisa menjadi kebutuhan pokok ketika membuka usaha tertentu.

Namun, sebelum membelinya perlu diperhatikan beberapa hal untuk menghindari kekeliruan. Intinya, jangan sampai salah membeli dan berakhir dengan kerugian. Berikut sejumlah tipsnya.


Tips Beli Mobil untuk Usaha

1. Menyesuaikan Jenis Usahanya

Tips paling utama ketika akan membeli mobil untuk usaha adalah menyesuaikan jenisnya. Dalam hal ini, Anda tidak boleh memilih secara sembarangan atau asal-asalan, karena bisa saja nanti tidak cocok dengan jenis usaha yang dimiliki.

Misalnya, Anda memiliki sebuah usaha di sektor jasa pengantaran barang, maka hendaknya memilih mobil yang sesuai. Sebut saja seperti memiliki kabin luas, body tangguh, hingga irit BBM.

2. Membeli di Tempat yang Tepat

Setelah menentukan jenis mobil yang cocok untuk usaha, tips berikutnya adalah memilih tempat untuk membelinya. Sebelum itu, Anda bisa memilih dulu untuk membeli mobil baru atau bekas. Silahkan menyesuaikan anggaran yang dimiliki.

Apabila hendak membeli kendaraan unit baru, Anda bisa mengunjungi dealer resmi dari mobil yang akan dibeli. Sementara jika beli unit bekas, pastikan membelinya dari orang yang terpercaya untuk menghindari hal tak diinginkan.


3. Sesuaikan dengan Budget

Membuka sebuah usaha tentu membutuhkan biaya. Nantinya, pengeluaran yang didapat akan digunakan untuk berbagai macam keperluan usaha, termasuk kendaraan (jika membutuhkan).

Mengambil contoh usaha jasa pengantaran barang, tentu Anda akan membutuhkan kendaraan untuk digunakan. Maka dari itu, perlu dipersiapkan biaya untuk membelinya.

Tak harus yang paling mahal atau paling canggih, cukup yang dapat digunakan dengan baik dan sesuai budget.

4. Pertimbangkan Kualitas Mobil

Kualitas juga penting dalam menentukan pembelian mobil baru ataupun bekas. Alasannya cukup sederhana. Kondisi mobil yang buruk bisa mengganggu jalannya usaha.

Alih-alih mendapat keuntungan, Anda justru bisa mengalami kerugian karena proses usahanya terhambat.

5. Perhatikan Biaya Perawatan dan Bahan Bakar

Mobil juga membutuhkan perawatan rutin untuk menunjang performanya. Maka dari itu, sebelum membeli pastikan dulu apakah kendaraan tersebut memakan banyak biaya untuk perawatannya.

Jangan sampai, ketika sudah terlanjur membelinya justru kaget karena biaya perawatannya yang besar. Hal serupa juga wajib diperhatikan dalam hal penggunaan bahan bakarnya.

Misalnya, mobil yang boros bensin tentu mengharuskan Anda untuk mengisinya lebih sering.

Itulah sederet tips membeli mobil untuk usaha yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)