Swedia akan Resmikan Jalan yang Bisa Isi Ulang Baterai Mobil Listrik, Ini Caranya

Senin, 08 Mei 2023 - 19:50 WIB
loading...
Swedia akan Resmikan Jalan yang Bisa Isi Ulang Baterai Mobil Listrik, Ini Caranya
Swedia akan meresmikan jalan yang bisa isi ulang baterai mobil listrik pada 2025. Foto/Build in Digital
A A A
JAKARTA - Sejarah akan diciptakan oleh Swedia di 2025. Pasalnya di tahun itu Swedia akan meresmikan jalan yang bisa isi ulang baterai mobil listrik. Jalan tersebut rencananya akan resmi dibuka pada 2025.

Dilaporkan Carscoops Jalan yang bisa mengisi ulang baterai mobil listrik itu nantinya akan berada di jalan E20. Jalan itu membentang di tengah-tengah kota-kota besar di Swedia seperti Stockholm, Gothenburg, dan Malmo.

Jalan E20 nantinya sudah dilengkapi dengan teknologi Electric Road System (ERS) yang memungkinkan semua kendaraan listrik melakukan isi ulang baterai sambil berjalan. Hal itu membuat jarak tempuh kendaraan listrik jadi bertambah lebih jauh.

"Solusi elektrifikasi adalah jalan ke depan untuk dekarbonisasi sektor transportasi dan kami bekerja dengan sejumlah solusi," kata Jan Pettersson, Director of Strategic Development at Trafikverket.



Swedia akan Resmikan Jalan yang Bisa Isi Ulang Baterai Mobil Listrik, Ini Caranya


Jalan E20 diketahui merupakan satu dari beberapa jalan di Swedia yang akan dilengkapi dengan teknologi ERS. Rencananya pemerintah Swedia akan melengkapi 3.000 kilometer jalan-jalan di negara skandinavia itu dengan teknologi ERS.

Euronews menyebutkan metode pengisian daya baterai di jalan E20 belum diumumkan secara pasti. Hanya saja saat ini ada tiga cara yang ada untuk menjalankan teknologi tersebut yakni catenary, konduktif, dan induktif.

Sistem catenary menggunakan kabel overhead untuk mengisi baterai. Biasanya sistem ini digunakan untuk menyediakan listrik ke bus atau trem jenis khusus. Sistem ini sangat ideal untuk kendaraan tugas berat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2868 seconds (0.1#10.140)