Swedia akan Resmikan Jalan yang Bisa Isi Ulang Baterai Mobil Listrik, Ini Caranya

Senin, 08 Mei 2023 - 19:50 WIB
loading...
A A A
Pengisian daya konduktif berfungsi baik untuk kendaraan tugas berat maupun mobil pribadi selama ada sistem konduksi seperti rel. Kendaraan dibebankan melalui tongkat yang menyentuh rel.

Sistem pengisian induktif diketahui menggunakan peralatan khusus yang terkubur di bawah jalan yang mengirimkan listrik ke koil di kendaraan listrik. Kumparan di kendaraan kemudian menggunakan listrik itu untuk mengisi baterai. Cara induktif ini diyakini merupakan teknologi ERS yang paling tepat untuk diaplikasikan di jalan E20.

Diketahui Swedia telah menjadi pelopor dalam pengujian jalan raya yang bisa mengisi baterai kendaraan listrik. Pada 2016 mereka pernah melakukan uji coba teknologi yang sama di jalan Gavle. Jalan sejauh dua kilometer di Gavle bisa mengisi ulang baterai kendaraan berat melalui teknologi pantograf.

Pada tahun 2018, Trafikverket memperkenalkan jalur pengisian daya pertama di dunia dengan jarak dua kilometer. Jalan tersebut memungkinkan truk listrik mendapatkan energi tambahan untuk berjalan lebih jauh.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2360 seconds (0.1#10.140)