7 Fakta Toyota All-New Yaris Cross, Mobil Hybrid Termurah Toyota?

Senin, 15 Mei 2023 - 16:29 WIB
loading...
7 Fakta Toyota All-New Yaris Cross, Mobil Hybrid Termurah Toyota?
All-New Yaris Cross hadir dalam 2 opsi mesin bensin dan hybrid, dirilis dengan harga terjangkau. Foto: dok TAM
A A A
JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) baru saja merilis All-New Yaris Cross, salah satu mobil terpenting mereka di 2023. All-New Yaris Cross akan bersaing di kelas medium SUV, bersaing dengan Honda HR-V, Chery Omoda 5, Hyundai Creta, Wuling Alvez, hingga KIA Seltos.

Nah, berikut 7 Fakta tentang All-New Yaris Cross:

1. World Premiere

Meski sudah dirilis di negara lain seperti Jepang, tapi Toyota Astra Motor (TAM) menyebut bahwa peluncuran All-New Yaris Cross adalah World Premiere alias peluncuran perdana di dunia. “Karena varian ini berbeda dengan yang sudah dirilis di Jepang atau negara lainnya,” ujar Chief Engineer All-New Yaris Cross, Toru Uda.

2. Mobil Elektrifikasi Kedua Setelah Innova Zenix
7 Fakta Toyota All-New Yaris Cross, Mobil Hybrid Termurah Toyota?

All-New Yaris Cross tidak hanya jadi kendaraan pertama Toyota di kelas SUV 5-seater, tapi juga menjadi kendaraan elektrifikasi Toyota kedua yang diproduksi lokal setelah Innova Zenix. Langkah ini untuk menyasar pasar medium SUV 5-seater yang sangat gemuk. Sebelumnya Toyota hanya punya Rush (7-penumpang) di kelas low SUV.

3. Hadir dalam 2 Opsi Mesin
7 Fakta Toyota All-New Yaris Cross, Mobil Hybrid Termurah Toyota?

All-New Yaris Cross hadir dalam 2 pilihan mesin 1.500 cc. Yakni, mesin berkode 2NR VE berkapasitas 1.500 cc 4 silinder yang juga dipakai di Toyota Avanza serta mesin baru 2NR VEX.

Mesin hybrid 2NR VEX sanggup menghasilkan tenaga 82 kW, dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan dalam kolaborasi yang paling efisien tanpa mengorbankan performa.

Sementara model Gasoline menggunakan engine 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT dengan performance response memadai dan hemat bahan bakar.

4. Mengapa Tetap Memakai Nama Yaris?

All-New Yaris Cross sengaja tetap dipasarkan menggunakan embel-embel “Yaris” di Indonesia. Sebab, nama Yaris dianggap sudah sangat populer. “Yaris identik dengan mobil kompak yang sudah sangat dikenal oleh generasi terjangkau. Mobil ini fun to drive, dan harganya sangat terjangkau,” beber Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

5. Harga Mulai Rp300 Jutaan

Toyota berencana menghadirkan tiga tipe All-New Yaris Cross, yakni G, S, serta GR Style. Harganya sendiri mulai Rp300 jutaan-Rp400 jutaan. Sebagai perbandingan, harga Innova Zenix 2.0 G HV adalah Rp 458.000.000, Innova Zenix 2.0 V HV Modelista Rp532.000.000, dan Innova Zenix 2.0 Q HV Modellista Rp 611.000.000 (Premium color tambah Rp3 juta).

Menurut Toyota, konsumen sudah bisa mengontak diler Toyota untuk mendaftar pemesanan All-New Yaris Cross.

6. Kandungan Lokal 80 Persen
7 Fakta Toyota All-New Yaris Cross, Mobil Hybrid Termurah Toyota?

All-New Yaris Cross diproduksi lokal di Indonesia, dengan kandungan lokal hingga 80 persen. Artinya, konsumen mendapatkan “peace of mind” terkait ketersediaan suku cadang.


7. Target 1.500 Unit Sebulan

All-New Yaris Cross ditargetkan terjual 1.500 unit sebulan. “Kami optimistis karena konsumen sudah semakin terbiasa dengan segmen hybrid. Mereka melihat bahwa mobil hybrid tidak semenyeramkan yang dikira. Ternyata spare partnya mudah, tenaga lebih besar, juga jauh lebih irit,” beber Vice President Director PT Toyota-Astra Motor,HenryTanoto.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5010 seconds (0.1#10.140)
pixels