Penyebab Oli Motor Bocor yang Sering Tak Disadari Pemiliknya

Jum'at, 02 Juni 2023 - 19:50 WIB
loading...
Penyebab Oli Motor Bocor yang Sering Tak Disadari Pemiliknya
Penyebab Oli Motor Bocor. FOTO/ Repairt Smith
A A A
JAKARTA - Oli bocor menjadi salah stau momok menakutkan bagi para pemilik motor. Pasalnya jika ini terjadi, bisa menyebabkan kerusakan fatal pada mesin, bahkan dalam beberapa kasus, mesin bisa jebol dan harus diganti.



Bagi kalian para pemilik motor, perlu diketahui bahwa ada banyak penyebab oli motor bocor. Nah berikut adalah daftarnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Jumat (2/5/2023).

1. Seal oli rusak

Kerusakan pada seal oli bisa menyebabkan oli bocor. Bisanya ini terjadi karena pemasangan yang kurang tepat atau bisa juga karena seal sudah habis usia pakainya.

Perlu diketahui bahwa komponen seal ini terbuat dari karet yang jika terpapar oleh panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras. Hal inilah yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu.

Untuk itu selalu pastikan pemasangan seal oli sudah benar dan tepat. Pastikan jumlah oli yang dimasukkan sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Ini juga berlaku untuk penggantian oli mesin, oli sokbeker serta transmisi.

2. Volume oli yang berlebihan

Penyebab oli motor bovor selanjutnya adalah volume oli yang berlebihan. Apabila oli yang terisi dalam mesin berlebihan tentu saja hal tersebut dapat menyebabkannya merembes sampai keluar.

Sebelum mengisi oli, pastikan lebih dahulu melihat informasi mengenai volume cairan pelumas tersebut. Lewat informasi ini bisa diketahui seberapa banyak kuantitas pelumas yang ada di dalam mesin kendaraan.

3. Packing mesin rusak

Penyebab terakhir adalah packing mesin rusak. Hal ini biasanya disebabkan karena usia pakainya yang sudah cukup lama atau karena motor yang digunakan sudah tua.

Selalu cek packing mesin karena ia memiliki peran yang cukup vital bagi kendaraan. Bagi para pemilik motor harus segera menggantinya agar hal tersebut tidak berlangsung terus menerus.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4534 seconds (0.1#10.140)