Pecundangi Porsche Taycan, Tesla Model S Mobil Listrik Tercepat di Sirkuit Nurburgring

Senin, 05 Juni 2023 - 09:21 WIB
loading...
Pecundangi Porsche Taycan, Tesla Model S Mobil Listrik Tercepat di Sirkuit Nurburgring
Tesla Model S Plaid (kanan) mengalahkan Porsche Taycan Taycan Turbo S sebagai Raja Trek di sirkuit Nurburgring, Jerman. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Tesla Model S Plaid merebut kembali rekor lap tercepat untuk kendaraan listrik produksi massal di sirkuit Nürburgring, Jerman. Model S Plaid yang dilengkapi Track Package itu tersebut menyelesaikan putaran 20,830 km dalam 7 menit dan 25,231 detik pada Jumat (2/6) silam. Rekor tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat pada 2022 silam oleh Porsche Taycan Turbo S yang lebih dari 8 detik.

“Selamat tim balap Tesla Plaid!” cuit CEO Tesla Elon Musk akhir pekan lalu.

Paket Track untuk Model S Plaid menawarkan ban dan rem baru serta kecepatan tertinggi lebih dari 321 km per jam. Pada hari Jumat, Model S yang mencetak rekor putaran baru mencapai kecepatan setinggi 288 km per jam.

Video lap rekaman juga menunjukkan bahwa Model S yang dipakai balap menggunakan roda kemudi bundar. Ini berbeda dengan versi sebelumnya dari lap 2021 yang menampilkan setir Yoke atau berbentuk trapesium.

Pecundangi Porsche Taycan, Tesla Model S Mobil Listrik Tercepat di Sirkuit Nurburgring

Pencapaian Telsa Model S Plaid di Nürburgring ini dianggap penting. Sebab, Tesla dan Porsche dalam beberapa tahun terakhir ini memeng bersaing sengit untuk jadi yang tercepat di Nürburgring.

Kedua perusahaan sama-sama ingin jadi Raja Trek di Nürburgring untuk kategori mobil listrik produksi massal.

Pada 2019, misalnya, Porsche sangat bangga memamerkan kendaraan listrik Taycan yang mencetak rekor lap di sirkuit tersebut. Kemudian, pada 2021, Model S Plaid mengalahkan Porsche dengan waktu 7 menit 35,579 detik, memangkas 7 detik dari rekor Taycan.

Tahun lalu, Porsche merebut kembali mahkota Raja Trek setelah Taycan Turbo S-nya, yang dilengkapi dengan paket "performa", mengalahkan waktu Tesla dengan 2 detik.



Elon Musk sebelumnya telah menetapkan tujuan ambisius untuk Tesla di Nürburgring. Pada 2021, dia berkata di podcast Joe Rogan bahwa Model S pada akhirnya bisa mencapai waktu di bawah 7 menit.

“Kami mencoba untuk mencapai, di Nurburgring, mencapai angka terendah 7 menit. Dan kemudian, dengan peningkatan lebih lanjut, saya pikir kami dapat melampaui 7 menit di Nurburgring, yang akan menjadi pencapaian yang luar biasa bagi kami,” katanya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)