Khusus Pasar di India, Honda Elevate Bersaing dengan Creta, Seltos, hingga Grand Vitara

Selasa, 06 Juni 2023 - 18:55 WIB
loading...
Khusus Pasar di India, Honda Elevate Bersaing dengan Creta, Seltos, hingga Grand Vitara
India menjadi negara pertama yang memproduksi dan menjual Honda Elevate. Foto: dok Financial Review
A A A
JAKARTA - Honda merilis compact SUV baru di India bernama Honda Elevate . Untuk sementara, Honda Elevate hanya diproduksi dan dijual di India. Honda Elevate berada di segmen yang sama dengan Honda HR-V yang jadi raja SUV di Indonesia.

Sementara HR-V adalah produk global, Honda Elevate dirancang dengan desain yang menyesuaikan selera serta keinginan dari konsumen India. Karena itu, Elevate mungkin tidak akan cocok jika dipasarkan di Indonesia.

Honda Elevate dikembangkan Honda R&D Asia Pacific Center yang berlokasi di Thailand dan tim R&D di India. Ini untuk mendapatkan kendaraan yang sesuai kondisi pasar di India. Dan langkah ini normal dilakukan Honda. Misalnya, ketika mereka merancang Honda Brio, BR-V, serta Mobilio untuk pasar lokal Indonesia.

Menonjol dengan Grill Kotak
Khusus Pasar di India, Honda Elevate Bersaing dengan Creta, Seltos, hingga Grand Vitara

Hal pertama yang mencuri perhatian adalah desain eksterior Honda Elevate. Grillnya mengadopsi HR-V dan CR-V baru. Terlihat sangat lebar. Adapun garis bonetnya juga kekar dan tegas. Lampu depannya ramping dan tajam, terlihat lebih maskulin.

Khusus Pasar di India, Honda Elevate Bersaing dengan Creta, Seltos, hingga Grand Vitara

Mobil ini dirancang sebagai Urban SUV. Artinya, ditujukan untuk kegiatan di perkotaan. Tapi, tetap mendapatkan kesan kekar dari SUV. Di bagian samping Elevate memiliki tampilan SUV modern. Velg standarnya sudah berukuran 17 inci, lalu desain lampu belakang full-LED nya semakin menambah kesan modern.

Honda Elevate mengusung mesin 1.5 i-VTEC DOHC yang menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin ini digunakan juga di Honda City dan BR-V.

Honda Elevate menggunakan transmisi CVT dan juga memiliki versi transmisi manual dengan 6 percepatan. Powertrain tersebut telah dioptimalkan untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan serta ramah lingkungan.

Khusus Pasar di India, Honda Elevate Bersaing dengan Creta, Seltos, hingga Grand Vitara

Di bagian interior, terlihat cukup mewah dengan desain dashboard yang kental aura SUV. Menariknya, mobil ini dibekali banyak fitur mewah. Misalnya, infotainment system-nya ditopang layar sentuh 10.25 inci. Bisa menggunakan Android Auto atau Apple Carplay secara nirkabel.

Kemudian, pengguna juga sudah mendapatkan wireless charger. Speakernya premium, sudah dibekali sunroof, MID berupa TFT 7 inci, serta climate control.

Untuk keamanan, Honda Elevate dilengkapi juga dengan teknologi Honda Connect serta Honda Sensing dimana. Di India, Honda Elevate akan bersaing langsung dengan Hyundai Creta, Kia Seltos, Maruti Suzuki Grand Vitara, dan Toyota Hyryder

Model Kompetitif

Head of Regional Unit (Asia & Oceania) Honda Motor Co dan President/CEO Asian Honda Motor Co Toshio Kuwahara berharap Elevate akan jadi model yang kompetitif di India. “India merupakan pasar otomotif terbesar ketiga di dunia dan hal ini sangat penting bagi Honda.

Peluncuran Honda Elevate hari ini merupakan komitmen dan aspirasi Honda untuk mengekspor mobil ini ke beberapa wilayah di seluruh dunia. India telah menjadi salah satu pusat ekspor terpenting bagi Honda yang memiliki standar kualitas tingkat tinggi dalam menghasilkan produk yang melebihi harapan pelanggan lokal dan dunia,” bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)