Cara Cas Aki Mobil Paling Sat Set Bat Bet, Nggak Perlu Panik!

Jum'at, 09 Juni 2023 - 10:55 WIB
loading...
Cara Cas Aki Mobil Paling Sat Set Bat Bet, Nggak Perlu Panik!
Cara cas aki mobil paling cepat dan aman penting dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara cas aki mobil paling cepat dan nyaman menarik untuk disimak. Aki mobil yang tiba-tiba mati memang bikin panik. Tapi jangan khawatir, cermati cara cas aki mobil paling sat set bat bet ini.

Diketahui, aki mobil memang jadi bagian paling penting di mobil. Aki bekerja untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya.

Alhasil jika aki mobil tidak berfungsi maka mobil tidak akan bisa dijalankan. Kondisi itu tentu akan sangat merepotkan jika terjadi di tengah jalan.

Beda jika Anda mengalaminya saat berada di rumah. Tentu Anda akan dapat mengatasinya dengan cermat seperti yang kami rekomendasikan di bawah ini:

1. Melepaskan Aki dari Mobil
Cara Cas Aki Mobil Paling Sat Set Bat Bet, Nggak Perlu Panik!

Cara mengecas aki mobil dengan benar adalah melepas aki mobil dengan mengeluarkannya dari mobil. Selalu waspada ketika melepas aki pada tipe mobil yang memerlukan reset ECU.

Salah langkah bisa menyebabkan kerusakan yang membuat kinerja mobil menurun. Perlu Anda tahu, tujuan melepas aki adalah untuk menjaga keamanan saat proses pengecasan.

Ketika mengecas aki mobil, biasanya air aki yang mendidih akan membuat gelembung yang bisa masuk ke lubang ventilasi aki. Air aki ini akan sangat berbahaya bagi bodi mobil, bahkan akan menimbulkan rasa gatal ketika terkena kulit.

Oleh sebab itu, lakukan pelepasan aki mobil sebelum mengecas aki agar keamanan dalam mengaplikasikannya tetap terjaga.

2. Membuka Tutup Aki Dengan Berhati Hati

Setelah aki mobil sudah berhasil dikeluarkan, langkah selanjutnya adalah membuka tutup ventilasi aki. Tujuannya adalah untuk memeriksa ketinggian air sebelum melakukan pengecasan.

Jika dirasa volume air aki kurang, maka Anda bisa menambahkannya dengan air suling atau air aki botol biru. Tambahkan air hingga sisa 1/3 bagian atas ketinggian air.

Dengan kata lain, jangan mengisi air aki hingga penuh segaris batas level air. Pasalnya, pengecasan aki akan membuat elemen dalam aki mengembang sehingga dapat mempengaruhi volume air aki.

Berikutnya, buka tutup ventilasi air aki. Tujuannya adalah agar gas bertekanan yang muncul ketika pengecasan dapat mengurangi ledakan.

3. Memasang Kabel Charger Aki

Seusai membuka ventilasi dan menambahkan air, tahapan selanjutnya adalah pemasangan kabel charger. Sebagai saran, cara mengecas aki mobil yang benar adalah dengan melakukan pemasangan kabel secara berurutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)