Intip 4 Perbedaan Aki Kering dengan Aki Basah, Tak Cuma Harga Saja

Sabtu, 02 Desember 2023 - 10:31 WIB
loading...
Intip 4 Perbedaan Aki Kering dengan Aki Basah, Tak Cuma Harga Saja
Perbedaan aki kering dan aki basah penting diketahui pengguna kendaraan bermotor. Foto: Wuling Indonesia
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah perbedaan antara aki kering dengan aki basah. Salah satunya terletak pada bentuk cairannya. Aki (accu) merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan seperti motor atau mobil. Peran vitalnya tak lain berkaitan dengan sistem kelistrikan di kendaraan.

Secara umum, masyarakat telah mengenal dua jenis aki, yakni kering dan basah. Terlepas dari namanya yang sama, kedua jenis aki ini ternyata memiliki sejumlah perbedaan mendasar. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya yang bisa diketahui.

Perbedaan Aki Kering dengan Aki Basah

1. Jenis Wadah

Jika diperhatikan, bisa terlihat perbedaan jenis wadah yang digunakan pada aki kering maupun aki basah. Di satu sisi, aki kering biasanya menggunakan wadah berwarna gelap.

Sementara untuk aki basah, wadahnya transparan atau berwarna cerah. Tujuannya adalah agar pengguna bisa melihat cairan aki di dalamnya. Kemudian, wadah aki basah juga biasanya dilengkapi tutup yang menutupi lubang tempat pengisian cairannya. Sedangkan aki kering tidak memilikinya, karena memang tidak perlu dilakukan pengisian ulang cairan.

2. Bentuk Cairan

Perbedaan termudah yang bisa diketahui dari aki kering dan basah adalah melihatnya dari sisi bentuk cairannya. Cara mengenalinya cukup dengan melihat akinya saja.
Cairan pada aki kering tampak lebih padat dan berbentuk seperti gel. Namun, aki basah memiliki bentuk cairan yang terlihat seperti air biasa.

3. Harga
Intip 4 Perbedaan Aki Kering dengan Aki Basah, Tak Cuma Harga Saja

Harga aki kering dan aki basah juga berbeda. Umumnya, aki basah memiliki harga yang cenderung lebih murah daripada aki kering. Bukan tanpa alasan, aki basah lebih murah karena memang memerlukan perawatan rutin. Sedangkan aki kering terbilang minim perawatan.


4. Perawatan

Aki kering sering disebut maintenance free. Maknanya adalah jenis aki ini lebih minim perawatan atau benar-benar free karena tidak memerlukan pengisian cairan kembali. Beralih ke aki basah, perawatannya wajib dilakukan secara berkala. Setiap melewati batas minimal, Anda harus mengganti atau mengisi kembali cairannya.

Demikian ulasan mengenai perbedaan antara aki kering dengan aki basah yang bisa diketahui.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)