Ini Kelebihan Kamera Pengganti Kaca Spion di Mobil Listrik Honda e

Senin, 12 Juni 2023 - 16:38 WIB
loading...
Ini Kelebihan Kamera Pengganti Kaca Spion di Mobil Listrik Honda e
Honda e tidak memiliki kaca spion, tapi digantikan oleh kamera 4K di sisi kiri dan kanan. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Honda e punya tampilan retro futuristik. Jika diperhatikan secara detil, mobil listrik tersebut terlihat nyentrik karena tidak memiliki kaca spion. Ternyata, posisi kaca spion digantikan oleh teknologi Side Camera Mirror System . Apa itu?

Side Camera Mirror System menjadi standar di semua model Honda e. Ya, spion pada kiri kanan mobil sepenuhnya diganti dengan kamera. Untuk memantau, ada sepasang layar pada kiri dan kanan dasbor.

Sebenarnya, teknologi ini tidak baru-baru amat. Sudah diadopsi juga oleh beberapa mobil Eropa seperti Audi E-tron.

Side Camera Mirror System berfungsi menggantikan menggantikan kaca spion. Ternyata, ada beberapa benefit penggunaan kamera untuk menggantikan spion.

Ini Kelebihan Kamera Pengganti Kaca Spion di Mobil Listrik Honda e

Pertama, soal aerodinamika. Menggunakan kamera untuk menggantikan spion bisa mengurangi hambatan aerodinamika bahkan hingga 90 persen dibandingkan dengan spion konvensional.

Keuntungan kedua, Honda mengklaim bahwa Side Camera Mirror System ini bisa mereduksi blind spot. Ini karena lewat Setting di headunit, pengguna bisa mengatur lensa wide ataupun normal.

Di penyetelan Wide, blindspot dapat dipangkas 50 persen. Sedangkan untuk Normal mencapai 10 persen.

Keuntungan lain, Anda tidak perlu khawatir ketika berpapasan dengan mobil lawan arah di gang sempit. Ini penting karena pasar Honda e adalah negara-negara Eropa dan Jepang yang di beberapa wilayah jalanannya tidak terlalu lebar.

Tahan Hujan dan Gelap
Ini Kelebihan Kamera Pengganti Kaca Spion di Mobil Listrik Honda e

Side Camera Mirror System menampilkan gambar tanpa lag di layar 6 inci di samping headunit dalam resolusi 4K. Jadi, konsumen bisa melihat dengan jelas apa yang ada di sekelilingnya.

Dari hasil pengujian, dalam hujan yang sangat lebat pun kamera masih mampu memproyeksikan gambar dengan sangat jelas. Karena sudah dirancang untuk mencegah tetesan atau percikan air di lensa. Lensanya juga memiliki coating anti air.

Sementara itu, di malam hari, kamera juga tetap mampu menampilkan gambar dengan sangat detil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)