Sejarah Ferrari dari Masa ke Masa, Terus Berinovasi Melalui Kompetisi

Selasa, 13 Juni 2023 - 13:43 WIB
loading...
Sejarah Ferrari dari Masa ke Masa, Terus Berinovasi Melalui Kompetisi
Mobil balap ketahanan 24 Jam milik Ferrari yakni Ferrari 499P berhasil menjuarai LeMans 24 Hours. Foto/ESPN
A A A
MILAN - Siapa yang tidak kenal dengan Ferrari? Bahkan semua orang pasti sudah tahu sejarah Ferrari. Semua dimulai dari kiprah Enzo Ferrari mendirikan perusahaan otomotif ini pada 1947.

Di bawah kepemimpinannya yang kaku dan bertangan dingin, Ferrari menjelma dari merek mobil lokal Italia menjadi brand global mendunia. Padahal sejarah Ferrari lebih dari itu. Menurut Tefi Alonso, analis dari Strategy Factory, Ferrari berkembang melalui inovasi yang didapat melalui kompetisi.

Tanda-tanda itu sebenarnya terlihat jelas pada Juni 2023 ini. Baru-baru ini Ferrari berhasil menjadi juara di ajang balap ketahanan mobil 24 jam legendaris, LeMans 24 Hours.



Tidak main-main, Ferrari berhasil mengalahkan Toyota yang telah lagi mendominasi ajang balapan ketahanan 24 jam itu. Spesialnya lagi catatan manis tersebut diraih 58 tahun setelah Ferrari meninggalkan LeMans 24 Hours.

Banyak yang tidak menyangkan Ferrari begitu digdaya di LeMans 24 Hours. Memang mereka punya sejarah yang sangat panjang di LeMans 24 Hours. Namun itu dulu bukan sekarang yang teknologi otomotifnya sudah sangat jauh berbeda.

"Ferrari adalah perusahaan di mana kemenangan adalah elemen budaya yang dominan. Mereka sangat ingin menang. Karyawan di Ferrari tidak merasakan persaingan sebagai halangan tapi sebagai upaya menciptakan inovasi dan tren," tulis Tefi Alonso.

Semangat persaingan dan inovasi itu tidak lain ditularkan oleh pendiri Enzo Ferrari. Sifatnya yang sangat kaku justru menyimpan semangat inovasi dan kompetisi yang begitu tinggi.

Kisah Enzo Ferrari yang kaku dan penuh semangat kompetisi itu bahkan pernah ditunjukkan dengan baik dalam film Ford v Ferrari yang dimainkan oleh Matt Damon dan Christian Bale.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)