Tak Berani Pelit Teknologi Lagi, Ini 5 Fitur yang Kini Banyak Disematkan Produsen Mobil di Indonesia

Jum'at, 07 Juli 2023 - 14:30 WIB
loading...
Tak Berani Pelit Teknologi Lagi, Ini 5 Fitur yang Kini Banyak Disematkan Produsen Mobil di Indonesia
SUV seperti Wuling Almaz Hybrid memberikan banyak sekali opsi teknologi untuk konsumen mereka. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Produsen mobil di Indonesia kini sudah mulai royal memberikan fitur-fitur canggih ke mobil-mobil mereka. Ini tanda bahwa mereka sudah tak berani pelit teknologi lagi.

Beda dengan zaman dulu dimana fitur-fitur canggih justru sangat susah didapatkan. Kalau pun bisa penambahan fitur dan teknologi itu akan sangat berpengaruh ke harga mobil.

Di saat yang bersamaan konsumen di Indonesia sangat sensitif dengan harga. Kenaikan harga benar-benar akan direspons negatif oleh mereka.

Tapi itu dulu, sekarang jamannya berbeda. Fitur-fitur dan teknologi canggih justru jadi senjata andalan produsen mobil untuk menarik konsumen.

Mereka bahkan sangat royal memberian fitur-fitur canggih ke mobil-mobil yang harganya tidak tembus setengah miliar rupiah. Lalu apa saja sih fitur-fitur dan teknologi canggih apa saja yang bisa didapatan di mobil-mobil yang harganya sangat terjangkau itu? Yuk cermati di bawah ini:

1. Cruise Control
Tak Berani Pelit Teknologi Lagi, Ini 5 Fitur yang Kini Banyak Disematkan Produsen Mobil di Indonesia

Saat ini cruise control merupakan fitur yang paling banyak ditemui di mobil-mobil dengan harga terjangkau. Padahal dulu cruise control hanya bisa ditemui di mobil-mobil mahal buatan Eropa dan Jepang.

Kini mobil seperti Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7 Hybrid, dan Honda BR-V sudah punya fitur tersebut. Teknologi cruise control yang dimiliki Honda BR-V bahkan sangat canggih karena penggunaannya yang adaptif atau bisa menyesuaian kecepatan dengan laju kendaraan yang ada di depannya.

2. Advanced Drive Assist System (ADAS)
Tak Berani Pelit Teknologi Lagi, Ini 5 Fitur yang Kini Banyak Disematkan Produsen Mobil di Indonesia

Teknologi Advanced Driver Assist System (ADAS) terdiri dari berbagai fitur keamanan yang sangat canggih seperti Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Menariknya sekarang tidak perlu keluar uang lebih untuk merasakan kecanggihan teknologi itu. Mobil-mobil seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Hyundai Creta, Toyota Veloz, Honda BR-V, hingga Honda HR-V yang harganya tidak sampai Rp500 juta sudah punya teknologi ADAS.

3. Internet of Vehicle

Internet of Vehicles atau IoV merupakan bentuk evolusi yang terjadi dari sebuah teknologi yang lama atau konvensional. Evolusi yang terjadi memungkinkan untuk penggunaan sistem GPS, rem, sensor dan sistem entertainment. Kemampuan IoV tidak hanya sebatas itu, seperti halnya mengatur mobil, untuk membuka dan mengunci mobil yang bisa Anda kontrol dari jarak jauh melalui smartphone yang sudah terkoneksi internet.

4. Voice Command

Fitur perintah suara (voice command) kini menjadi salah satu fitur yang banyak disematkan di mobil-mobil terbaru sekarang. Fitur ini ternyata memberikan banyak manfaat, termasuk meningkatkan keamanan saat mengemudi. Perintah yang diberikan bisa menaik-turunkan kaca, menyalakan AC, membuka kunci pintu, hingga mengatur volume headunit. Jangan kaget banyak mobil yang harganya di bawah Rp500 juta sudah punya teknologi ini. Contoh Wuling Almaz, Wuling Cortez, Wuling Alvez, dan Wuling Air ev.


5. Kamera 360 Derajat

Mobil dengan dimensi besar, fitur kamera 360 derajat bisa sangat berguna, Terlebih saat ingin parkir dan melewati jalan sempit.
Dengan kamera 360, pengemudi bisa mengetahui visibilatas mobil dalam tampilan 360 derajat alias dari berbagai sisi dari bantuan kamera. Begitupun fitur sensor parkir, fitur ini dapat membantu pengemudi pada saat parkir agar mobil tidak menabrak objek tembok ataukendaraanlain.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)