Lebih Murah dari Lithium-ion, Baterai Sodium-ion Bakal Jadi Masa Depan Kendaraan Listrik?

Rabu, 12 Juli 2023 - 16:47 WIB
loading...
Lebih Murah dari Lithium-ion, Baterai Sodium-ion Bakal Jadi Masa Depan Kendaraan Listrik?
Baterai sodium-ion diprediksi bisa menurunkan biaya kendaraan listrik serta meningkatkan dampak lingkungan dari pembuatan baterai. Foto: dok Reuters
A A A
CHINA - Baterai jenis baru sodium-ion diperkirakan bakal jadi masa depan mobil listrik, menggantikan lithium-ion yang lebih mahal. CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa Tesla akan memakai baterai baru lithium iron phosphate untuk model termurah ( short-range ). Tujuannya, agar harga mobil bisa lebih murah.

Ini karena baterai adalah komponen termahal dari kendaraan listrik. Harga baterai bisa mencapai 40 persen dari total semua komponen mobil listrik.

Wajar, jika kemudian produsen kendaraan listrik (EV) China BYD dan Huaihai Holding Group membuat gebrakan baru. Kedua perusahaan itu akan mulai memproduksi baterai sodium-ion secara masal. Mereka ingin menciptakan kebutuhan baterai baru yang lebih murah dibanding lithium-ion.

Anak perusahaan BYD, FinDreams, baru saja menandatangani perjanjian dengan Huaihai pada Juni silam untuk membangun lokasi produksi baterai natrium-ion di China.

Kedua perusahaan ingin "bersama-sama menciptakan pemasok sistem baterai sodium-ion terbesar di dunia untuk kendaraan listrik mikro," tulis keterangan resmi mereka.

Kemitraan kedua perusahaan menandai perkembangan penting akan baterai sodium-ion di China, dan mungkin kedepannya skala global. Mereka berupaya menantang dominasi baterai lithium-ion yang digunakan di sebagian besar EV/kendaraan listrik saat ini.

BYD (Build Your Dreams) sendiri merupakan perusahaan terbesar kedua setelah Tesla dalam penjualan EV di seluruh dunia dan juga di antara produsen baterai teratas, menurut Electrek.

Huaihai sendiri merupakan produsen EV kecil terkemuka mulai dari skuter hingga mobil.

Menurut CnEVPost, usaha patungan baru ini merupakan pertama kalinya BYD bergerak maju dengan memproduksi baterai sodium-ion.

Baterai Sodium-ion Lebih Murah dan Lebih Ramah Lingkungan
Lebih Murah dari Lithium-ion, Baterai Sodium-ion Bakal Jadi Masa Depan Kendaraan Listrik?

Bukan tanpa alasan mengapa sodium-ion disebut sebagai baterai yang akan berdampak besar terhadap industri kendaraan listrik. Sodium-ion memiliki 2 keunggulan yang tidak dimiliki lithium-ion: 1. Harganya lebih murah. 2. Pengolahannya lebih ramah lingkungan.

Memang, secara fungsi, baterai litihium-ion lebih unggul. Baterai lithium EV saat ini disukai karena kepadatan energinya yang tinggi. Baterai ini bisa menyimpan lebih banyak daya per pon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)