Dukung IKN Jadi Kota Maju, Hyundai Berkomitmen Hadirkan Mobilitas Ramah Lingkungan

Jum'at, 28 Juli 2023 - 17:09 WIB
loading...
Dukung IKN Jadi Kota Maju, Hyundai Berkomitmen Hadirkan Mobilitas Ramah Lingkungan
Sejak mengumumkan visi kota masa depan pada 2020 lalu, Hyundai Motor Group (HMG) terus bergerak cepat dalam mengembangkan berbagai solusi smart mobility. Foto/Hyundai
A A A
JAKARTA - Sejak mengumumkan visi kota masa depan pada 2020 lalu, Hyundai Motor Group (HMG) terus bergerak cepat dalam mengembangkan berbagai solusi smart mobility. Salah satu tujuannya adalah mendukung Ibu Kota Nusantara menjadi kota maju dan ramah lingkungan.

HMG telah memperkenalkan kendaraan listrik revolusioner seperti Hyundai IONIQ 5. Perusahaan asal Korea Selatan ini terus berupaya untuk memproduksi solusi mobilitas masa depan seperti Purpose Built Vehicles (PBVs) dan Advanced Air Mobility (AAM) atau mobil terbang.

Pada 2022, HMG memperkenalkan greenfield smart city reference yang menunjukkan bagaimana keberlanjutan yang mendukung kehidupan sehari-hari. Model tersebut berupa kota berbentuk segi enam dengan permukaan yang fokus pada aktivitas manusia dan lapisan bawah tanah yang fokus pada fungsi pendukung kehidupan.



Bangunan di lapisan permukaan ditata untuk mengelilingi alam, yakni taman dan hutan kota. Kota akan terhubung dengan infrastruktur jalan yang berada di bawah tanah, di mana seluruh kebutuhan penduduk akan dikirim menggunakan solusi autonomous mobility.

Hyeyoung Kim, VP of the Smart City Innovation Group, mengatakan HMG terus berupaya menciptakan kota masa depan. Di mana manusia hidup berdampingan dengan alam secara harmonis dan memanfaatkan teknologi lebih dalam lagi.

“Untuk itu, kami akan terus berinovasi dan menghadirkan solusi smart city yang lebih baik melalui tim R&D tingkat dunia untuk semakin berkontribusi terhadap kemajuan umat manusia,” kata Kim seperti dikutip dalam keterangan resmi.

HMG juga menjalin kolaborasi dengan pemerintah dari berbagai negara untuk mewujudkan visi smart city. Belum lama ini, Hyundai Motor Company menandatangani MOU dengan Otoritas IKN untuk mengembangkan solusi AAM di ibu kota baru.



Hyundai akan berkolaborasi dengan pemerintah dan meneliti lebih lanjut perkembangan IKN untuk menghadirkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Saat ini, Hyundai akan fokus mengembangkan solusi AAM dalam kerja sama ini.

HMG mengapresiasi komitmen Indonesia terhadap lingkungan dan percaya Indonesia memiliki peta jalan untuk mencapai netralitas karbon. Bahkan, Hyundai siap mendukung kampanye Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.
Dukung IKN Jadi Kota Maju, Hyundai Berkomitmen Hadirkan Mobilitas Ramah Lingkungan


Masyarakat Indonesia dapat mengetahui lebih lanjut visi HMG untuk smart city masa depan di Hyundai Mobility Exhibition Center, yang berada di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pengunjung bisa melihat berbagai upaya dan inovasi Hyundai dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan. HMG juga terbuka untuk menjalin lebih banyak kolaborasi dengan pemerintah Indonesia untuk menghadapi masalah lingkungan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3068 seconds (0.1#10.140)