Cara Cegah Motor Mogok, Hindari Beli Bensin Eceran

Minggu, 13 Agustus 2023 - 21:53 WIB
loading...
Cara Cegah Motor Mogok, Hindari Beli Bensin Eceran
Kunci mencegah motor mogok adalah perawatan rutin bulanan. (Foto: Wahana Honda)
A A A
JAKARTA - Cara mencegah motor mogok sebetulnya sederhana. Namun, seringkali perkara mudah tersebut diabaikan.

Kunci agar sepeda motor tidak mogok adalah melakukan perawatan rutin. Kejadian motor mogok terjadi karena proses pembakaran di ruang mesin tidak bekerja secara normal.

Ada 3 syarat penting agar mesin bisa bekerja secara normal yakni ketersediaan bahan bakar, kompresi, dan pengapian yang baik. Apabila salah satu syarat tersebut mengalami gangguan, maka mesin tidak.

Berikut cara mencegah motor mogok, seperti dibagikan Wahana Honda, Minggu (13/8/2023).

1. BBM

Selalu periksa ketersediaan bahan bakar di tangki. Terkadang pengendara sering lalai atau lupa mengisi bahan bakar sehingga motor mogok.



Selain itu, pastikan selang bahan bakar dari tangki menuju mesin tidak tersumbat yang mengakibatkan mesin sulit menyala. Untuk itu, hindari membeli BBM eceran karena biasanya sudah tercampur uap air. Pastikan juga selalu mengunakan jenis bahan bakar sesuai anjuran pabrik.

2. Filter Udara

Rutin mengecek filter udara agar tidak ada benda-benda asing yang menyumbat. Pastikan aliran udara menuju mesin mengalir lancar. Sama dengan prinsip pada bahan bakar, hindari air masuk ke filter udara karena akan mengakibatkan motor mogok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)