Nostalgia dengan Bus-Bus Legendaris Yogyakarta, Ada Baker hingga Kopata

Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:23 WIB
loading...
Nostalgia dengan Bus-Bus Legendaris Yogyakarta, Ada Baker hingga Kopata
Bus legendaris Yogyakarta Kopata atau Koperasi Angkutan Umum Perkotaan. (Foto: YouTube Okfrisa)
A A A
JAKARTA - Deretan bus-bus legendaris Yogyakarta akan menggugah banyak kenangan bagi yang pernah tinggal di Kota Gudeg era 1980an hingga 2000an.

Nama-nama bus Baker, Aspada, Kobutri, Puskopkar, Damri, Jatayu, hingga Koperasi Pemuda, tentu sangat familiar lantaran tiap hari wira-wiri di wilayah Yogyakarta.

Pada masanya, bus-bus ini menjadi andalan untuk bepergian lantaran kendaraan pribadi belum sebanyak sekarang. Kini kebanyakan bus-bus legendaris tersebut telah tutup usia, kalah bersaing dengan kendaraan pribadi dan persaingan usaha dengan armada yang lebih muda.

Untuk menghargai kenangan dan jasa yang telah ditanamkan, berikut ulasan bus-bus legendaris di Yogyakarta, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/8/2023).



1. Bus Aspada

Bus legendaris Yogyakarta di posisi pertama adalah Aspada. Bus yang dominan dengan warna biru ini, melayani rute-rute dalam kota seperti Giwangan, Ring Road Selatan, Jalan Malioboro, Jalan AM Sangaji, hingga Monumen Jogja Kembali.

Dyah Ratna Meta Novia, semasa sekolah di Yogyakarta nyaris tiap hari naik Bus Aspada Jalur 15. “Dulu suka naik bus Aspada nomor 15 buat sekolah SMP 6 di Jetis, pulangnya di jalan Godean,” ujarnya.

Alumnus UGM jurusan Hubungan Internasional itu mengaku memiliki kenangan indah dengan bus Aspada. “Ya seru sih naik bus, apalagi kalau tiba-tiba enggak sengaja ketemu teman di bus, rasanya senang banget, naik bus sambil bercerita, tahu-tahu sampai depan sekolah. Kadang-kadang kita juga jalan-jalan ke Malioboro abis sekolah naik bus Aspada 15,” tutur perempuan muda yang sudah sukses berkarier di ibu kota itu.

2. Bus Baker
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5082 seconds (0.1#10.140)