Biar Tak Terjebak, Ini Panduan Mudah untuk Membeli Kaca Film Mobil

Kamis, 24 Agustus 2023 - 22:00 WIB
loading...
Biar Tak Terjebak, Ini Panduan Mudah untuk Membeli Kaca Film Mobil
Orang awam banyak yang terjebak dalam memilih kaca film yang tidak sesuai harapan. Foto/DOK. Solar Gard Indonesia
A A A
JAKARTA - Banyak konsumen awam terjebak dalam memilih kaca film untuk mobil kesayangan. Harga murah dan kaca film yang gelap bukan sekadar jadi jaminan.

Mereka semakin kebingungan karena saat ini banyak sekali produk kaca film bertebaran di pasar. Setiap kaca film bahkan mengklaim jadi yang paling unggul. Nyatanya kelebihan yang didapat oleh konsumen justru tidak sesuai janji.

Kebingungan itu sendiri dirasakan oleh Novi Azhari, Digital Marketing Section Head PT Solar Gard Indonesia. Dia mengatakan banyak konsumen yang datang ke Solard Gard sama sekali tidak dibekali dengan pemahaman yang baik soal kaca film.



"Mereka sama sekali tidak mengerti spesifikasi kaca film. Buat mereka yang penting enggak panas dan enggak gelap jika dilihat dari dalam," ujar Novi Azhari kepada SINDOnews, Kamis (24/8/2023).

Padahal ada banyak hal yang perlu dipahami sebelum konsumen benar-benar menjatuhkan pilihan terhadap kaca film tertentu. Dia menyarankan konsumen terlebih dulu memahami spesifikasi kaca film.

Konsumen perlu paham beberapa istilah seperti Infra Red Rejected (IRR), UV Rejected (UVR), Total Solar Energy Rejected (TSER), hingga Visible Light Transmittance (VLT). "Saran saya buat yang awam pertama dilihat dulu tingkat IRR karena IRR yang membawa hawa panas ke dalam kabin," ujar Novi Azhari.

Semakin tinggi angka IRR maka kemampuan menolak panasnya jadi lebih baik. Nah, setelah memahami IRR, konsumen juga perlu tahun mengenai UVR.



Menurut Novi Azhari UVR sangat berbeda dengan IRR. Pasalnya UVR dampaknya tidak terasa langsung oleh konsumen namun sangat fatal jika dibiarkan terjadi dalam waktu yang lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)