Bus Milik PO Raja Trans Jurusan Palu-Manado Ini Pertama yang Punya Fasilitas Toilet di Sulawesi

Minggu, 27 Agustus 2023 - 18:12 WIB
loading...
Bus Milik PO Raja Trans Jurusan Palu-Manado Ini Pertama yang Punya Fasilitas Toilet di Sulawesi
PO Bus Raja Trans jurusan Palu-Manado menyediakan toilet, fitur yang sebelumnya tidak ada di Sulawesi. Foto: Raja Trans
A A A
SULAWESI - Perusahaan Otobus (PO) Raja Trans berupaya menghapus anggapan yang beredar bahwa bus di Sulawesi tidak memiliki fasilitas toilet. Bus baru PO Raja Trans asal Palu, Sulawesi Tengah, itu digarap oleh karoseri Laksana, memiliki fasilitas cukup mewah termasuk toilet.

Bus itu menggunakan bodi Legacy SR3 Ultimate XHD Prime yang dibangun di atas sasis Hino RM280 ABS. Rencananya, bakal dioperasikan oleh PO Raja Trans untuk rute Palu-Manado PP (pulang-pergi).

PO Raja Trans memesan dua unit dari karoseri Laksana yang dicat dengan warna berbeda pada setiap bus. Yakni, biru terang dan abu-abu batu. Satu hal yang sama pada bus tersebut adalah motif catur pada bando dan spion.

Sementara livery kedua bus juga hampir sama, yakni garis-garis, yang ditujukan agar bus terlihat panjang. Perubahan pada bus ini dibanding bodi standar adalah ketinggian bagasinya yang dibuat lebih tinggi 5 cm.

Dua bus tersebut juga dirancang dengan dua kelas berbeda di dalam kabinnya. Yakni bisnis dan ekonomi. Di mana bagian depan dibuat kelas bisnis dengan konfigurasi kursi 2-1, menggunakan kursi berukuran besar berjumlah sembilan unit.

Sedangkan kelas ekonomi memiliki konfigurasi 2-2, tapi memiliki ukuran kursi yang juga cukup lebar. Bus ini juga menggunakan sekat sebagai pemisah antara ruang kru dan kabin penumpang demi meambah kenyamanan.

Sama seperti bus di Pulau Jawa, ada toilet pada bagian paling belakang bus baru PO Raja Trans. Ini menjadi bus pertama di Sulawesi, khususnya yang beroperasi Palu-Manado dengan fasilitas toilet di dalamnya.



“Inspirasinya dari bus-bus Jawa, kita di Sulawesi harus mengikuti kemajuan. Dengan adanya toilet juga bisa menambah efisiensi waktu sampai, terus menambah kenyamanan. Kalau tidak ada toilet orang turun yang lain juga pada ngikut, ada yang ngerokok dulu,” kata Kenny, pemilik Raja Trans Palu dikutip dari video di kanal YouTube Mas Arkan.

Kedua bus baru PO Raja Trans ditopang oleh sasis Hino RM 280 ABS berstandar Euro4 dengan air suspension. Sasis ini dikenal tangguh dengan perawatan yang mudah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3733 seconds (0.1#10.140)