Begini Cara Rawat Aki Agar Mobil Listrik Tak Mogok

Kamis, 31 Agustus 2023 - 05:36 WIB
loading...
Begini Cara Rawat Aki Agar Mobil Listrik Tak Mogok
Perlu perawatan yang baik pada aki kecil atau auxiliary battery 12V agar kendaraan tidak mogok. Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sempat viral di media sosial mobil listrik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mogok tiba-tiba. Ternyata, aki yang drop menjadi penyebab utama kendaraan ramah lingkungan itu tak bisa dihidupkan.

Mobil listrik yang digunakan Sandiaga Uno sebagai kendaraan operasional adalah Hyundai Ioniq 5. Masalah tersebut langsung ditangani oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Head of Before Service Department PT HMID, Putra Samiaji mengungkapkan, Ioniq 5 milik Sandiaga Uno mogok karena masalah pada aki kecil. Untuk perbaikan hanya membutuhkan waktu sebentar, karena hanya perlu mengganti komponen tersebut dengan yang baru.



Masalah yang sama sebenarnya pernah terjadi pada seorang pemilik Hyundai Ioniq 5 yang akinya selalu drop. Putra memberikan beberapa cara perawatan aki kecil atau auxiliary battery 12V agar tidak mengalami kejadian serupa.

“Kalau di EV, treatment aki supaya nggak cepat flat pastikan sudah di-charge sebelum 20% atau 30%. Jadi kalau mau overnight, jangan biarkan sampai di bawah 30%, (sebelum baterai mencapai itu) sudah harus dicas,” kata Putra di Yogyakarta, Selasa (29/8/2023).

Seperti diketahui, video sebuah mobil listrik Hyundai Ioniq 5 sedang di-jumper oleh skuter matik agar bisa dihidupkan viral di media sosial. Menurut Putra, itu karena pemilik kendaraan belum mendapatkan pengetahuan yang baik dalam perawatan mobil listrik.

“Beberapa ada kendala. Itu dia (cas baterai) di bawah 30%, dalam kondisi itu si baterai gede nggak ngecas baterai kecil. Jadi ya sampai rumah, berapa pun sisa baterainya, langsung dicas,” ujar Putra.



Namun, Putra membeberkan ada beberapa hal yang menyebabkan aki kecil gampang drop pada mobil listrik. Menurut dia, beberapa kasus merupakan masalah sepele yang dapat dihindari dengan mudah oleh para pemilik mobil listrik.

“Kalau pintu nggak ketutup, itu sistem masih bangun. Jadi nggak ngecharge baterai kecil. Pokoknya pastiin pintu tertutup, terus juga langsung cas jangan didiamkan overnight tapi di bawah 30%,” ucapnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)