5 Kekurangan Mobil Mesin Diesel Dibanding Bensin, Apa Saja?

Senin, 11 September 2023 - 06:57 WIB
loading...
5 Kekurangan Mobil Mesin Diesel Dibanding Bensin, Apa Saja?
Mobil mesin diesel terkenal bandel dan irit. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Mobil mesin diesel terkenal bandel dan irit. Namun, di balik sekian kelebihannya ada juga banyak kekurangannya.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki faktanya mobil mesin diesel masih tetap diminati. Lantaran itu, banyak produk baru yang terus bermunculan meski tren kendaraan listrik, tenaga surya hingga kendaraan berbahan nitrogen sedang mencuat.

Mesin diesel ditemukan pada 1890-an dan telah digunakan pada kendaraan komersial dan mobil penumpang selama lebih dari satu abad.

Keuntungan penghematan bahan bakar dibandingkan bensin berasal dari perbedaan kepadatan kedua bahan bakar tersebut. Diesel lebih kental daripada gas, sehingga mampu menghasilkan energi 20 hingga 35 persen lebih banyak per galon. Alih-alih menggunakan busi untuk menyalakan campuran bahan bakar dan udara, mesin diesel mengandalkan panas yang dihasilkan oleh piston yang mengompresi udara di dalam silinder mesin untuk membakar bahan bakar.

Bahan bakar diesel juga berperan sebagai pelumas di dalam mesin, sehingga mesin diesel terkenal dengan ketahanannya. Namun, sebagai ciptaan manusia, mesin diesel memiliki sejumlah kekurangan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mobil dengan Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Berikut lima kekurangan mobil mesin diesel dibanding bensin, dikutip dari Slash Gear, Senin (11/9/2023).

1. Bahan bakar terkontaminasi

Keunggulan utama mobil mesin solar dibandingkan bensin juga berkontribusi besar terhadap salah satu kelemahan utamanya. Kepadatan yang bertambah membuat bahan bakar diesel lebih rentan terhadap kontaminasi dari unsur-unsur seperti glikol, jelaga, atau uap air. Zat asing ini tidak hanya merampas efisiensi pembakaran bahan bakar diesel, namun pada akhirnya dapat merusak komponen internal mesin.

Meskipun filter bahan bakar dapat membantu menghilangkan banyak kontaminan ini, namun akan kehilangan efektivitasnya seiring berjalannya waktu. Mengganti filter bahan bakar secara berkala akan membantu meminimalkan kerusakan akibat kontaminasi bahan bakar dan membantu menjaga mesin diesel tetap bekerja optimal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)