5 Kekurangan Mobil Mesin Diesel Dibanding Bensin, Apa Saja?

Senin, 11 September 2023 - 06:57 WIB
loading...
A A A
Bahan bakar diesel juga rentan terhadap kontaminasi mikroba. Ini masalah yang harus diatasi oleh pemasok bahan bakar di fasilitas penyimpanan dan selama pengiriman. Masuknya uap air ke dalam tangki yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan pertumbuhan mikroba.

2. Oksidasi oli

Masalah potensial besar lainnya bagi pemilik mesin diesel adalah oksidasi oli. Gelembung udara dapat terbentuk di dalam oli mesin jika mesin tidak digunakan dalam waktu lama. Gelembung udara menghilangkan kekentalan oli dan membuatnya terlalu kental untuk melumasi motor dengan baik.

Masalah ini terlihat pada mesin diesel Mercedes-Benz, Volkswagen, dan Ford. Oksidasi oli dapat dihindari dengan sering menyalakan kendaraan dan menyalakan mesin selama beberapa menit, meskipun tidak perlu dikendarai. Jika kendaraan sudah lama tidak digunakan, ada baiknya mengganti oli sebelum mencoba menghidupkan mesin kembali.

Tentu saja lebih baik mengeluarkan biaya pencegahan berupa beberapa liter oli mesin dan filter baru daripada harus turun mesin. Pastikan untuk membaca manual pemilik kendaraan untuk mengidentifikasi oli yang tepat untuk mesin, karena mesin diesel memerlukan oli yang lebih berat daripada mesin gas.

3. Sulit distarter

Mesin diesel terkadang sulit dihidupkan, terutama saat cuaca dingin atau kendaraan didiamkan dalam waktu lama. Seringkali hal ini disebabkan oleh masalah busi pijar, namun mesin diesel juga perlu melakukan engkol sebentar untuk menghasilkan panas yang cukup untuk membakar bahan bakar sebelum dapat mulai bekerja.

Masalah lain juga dapat menyebabkan sulitnya start, misalnya hilangnya kompresi mesin. Hal ini dapat terjadi jika ada kerusakan pada silinder mesin, packing kepala silinder bocor, ring piston aus, hancur, atau kotor karena karbon, atau sistem katup rusak atau terhambat.

Mesin sulit distarter juga bisa disebabkan oleh bahan bakar yang terkelupas saat cuaca dingin, filter bahan bakar atau injektor bahan bakar yang tersumbat. Bisa juga akibat masalah pada sistem kelistrikan seperti baterai lemah, motor starter atau solenoid yang rusak, atau masalah kabel seperti korsleting sirkuit atau koneksi longgar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)