5 Kekurangan Mobil Mesin Diesel Dibanding Bensin, Apa Saja?

Senin, 11 September 2023 - 06:57 WIB
loading...
A A A
4. Suara Bising

Bahkan mesin diesel yang dirawat dengan baik akan mengeluarkan suara lebih keras dibandingkan mesin bensin. Suara mesin diesel lebih keras dibandingkan mesin bensin karena beberapa alasan.

Pertama, mesin diesel memerlukan rasio kompresi yang lebih tinggi dibandingkan mesin bensin; sebanyak 15 atau 18:1 versus 10:1 untuk mesin bensin.

Banyak komponen mesin diesel yang paling keras juga berada di atas kepala silinder sehingga suaranya terdengar lebih jelas. Pada sebagian besar mesin ini, suku cadangnya meliputi katup, rocker, injektor, dan batang penekan. Berat komponen internal mesin diesel, jarak antara komponen tersebut dan dinding silinder, serta jumlah kompresi yang ditahan oleh komponen-komponen ini semuanya berkontribusi pada simfoni mesin diesel.

Dalam kasus truk besar yang dilengkapi rem udara, sering kali kompresor udara yang dipasang di mesin menambah kebisingan. Banyak mesin diesel juga memiliki pengaturan waktu gigi. Mekanisme jenis ini menghasilkan lebih banyak kebisingan daripada sistem pengaturan waktu sabuk atau rantai yang ditemukan pada sebagian besar mesin bensin.

5. Asap knalpot berwarna hitam

Asap hitam yang keluar dari pipa knalpot merupakan pemandangan umum, namun melihat asap jelaga dari kendaraan diesel biasanya merupakan pertanda ada sesuatu yang tidak beres. Mesin diesel dapat mengeluarkan emisi asap dalam jumlah tertentu, tetapi knalpot berwarna gelap yang berlebihan merupakan indikasi campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya. Hal ini juga bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius pada mesin, seperti katup resirkulasi gas buang yang rusak, turbocharger atau pompa injektor yang buruk, atau filter udara tersumbat.

Asap hitam pada knalpot juga bisa menjadi tanda timing yang salah, injektor rusak atau ada masalah pada pengaturan katup, atau masalah kompresi. Hal ini harus segera diatasi, karena salah satu masalah ini dapat mengakibatkan kegagalan uji emisi .
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3599 seconds (0.1#10.140)