4 Negara ASEAN dengan Produksi Mobil Terbanyak, Thailand Memimpin

Selasa, 12 September 2023 - 10:06 WIB
loading...
4 Negara ASEAN dengan Produksi Mobil Terbanyak, Thailand Memimpin
Empat negara ASEAN dengan produksi mobil terbanyak, yaitu Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada sekitar empat negara ASEAN dengan produksi mobil terbanyak. Saat ini Thailand masih menjadi yang teratas meninggalkan para pesaingnya di ASEAN.

ASEAN Automotive Federation (AAF) menyebutkan jika terdapat peningkatan signifikan sebesar 16,9% di tahun 2022 dari tahun sebelumnya. Ini membuktikan meningkatnya produktivitas ASEAN sebagai produsen otomotif.



Pertumbuhan industri otomotif di negara-negara anggota ASEAN akan menawarkan peluang investasi yang luas bagi produsen dan distributor komponen otomotif. Hal ini mengingat produksi mobil telah meroket dalam beberapa tahun terakhir.

4 Negara ASEAN dengan Produksi Mobil Terbanyak


1. Thailand


Negara yang dikenal sebagai "Detroit Asia" ini telah lama dikenal sebagai produsen mobil utama di antara negara ASEAN.

Menurut laman ASEAN Briefing, negara ini memproduksi 2 juta unit pada 2018 dan mengekspor lebih dari setengah produksinya ke lebih dari 100 negara.



Meskipun pada tahun 2022 lalu tingkat produksi mobil Thailand sempat menurun di angka 1,88 juta unit, namun negara ini tetap memegang predikat negara dengan produksi mobil terbanyak di ASEAN dengan 41,09% dari total produksi mobil anggota ASEAN.

2. Indonesia


Selanjutnya ada Indonesia yang memanfaatkan pasar kelas menengah yang tengah berkembang. Terlebih setelah mobil ramah lingkungan biaya rendah (LCGC) Indonesia telah meraih kesuksesan ekonomi di pasar domestik.

Pada akhir 2018 lalu, Indonesia berhasil memproduksi 1,3 juta unit, dengan 346.000 unit diekspor ke pasar seperti Filipina, Arab Saudi, dan Vietnam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2720 seconds (0.1#10.140)