Truk Ini Dirancang untuk Angkut Cadangan Nikel di Indonesia

Rabu, 13 September 2023 - 19:11 WIB
loading...
Truk Ini Dirancang untuk Angkut Cadangan Nikel di Indonesia
Nikel memiliki sifat korosif, sehingga butuh diangkut menggunakan kendaraan khusus. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki cadangan nikel melimpah. Nikel , seperti diketahui, merupakan salah satu bahan baku baterai kendaraan listrik. Tapi, untuk mengangkut nikel dibutuhkan truk dengan standarisasi khusus agar material yang dibawa dalam kondisi bagus dan truk tetap awet.

Sekadar informasi, Nikel adalah logam berwarna putih keperak–perakan dengan sedikit semburat keemasan. Nikel termasuk logam transisi, dan memiliki sifat keras serta ulet, yang tergolong dalam grup logam besi-kobalt.

Mohammad Rosyid Setiadi, General Manager PT Motor Sights Internasional, mengatakan bahwa di pertambangan nikel ada sifat korosif yang tinggi. Untuk itu, material yang digunakan pada truk harus tahan lama terhadap korosif atau tidak mudah keropos.

“Tambang nikel tahu sendiri, (banyak) batu dan korosif, banyak tanah, medannya juga cukup berat dibandingkan dengan tambang batu bara. Secara berat juga, batu bara tidak seberat nikel, karena nikel itu kan campur dengan batu,” kata Rosyid di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, belum lama ini.

Truk Ini Dirancang untuk Angkut Cadangan Nikel di Indonesia

Secara spesifikasi, Rosyid mengatakan secara keseluruhan sama dengan dump truk lainnya, hanya saja perbedaannya ada pada materialnya.
Motor Sights sendiri memasarkan F3000 dan X3000 yang digunakan pada sebagian besar tambang nikel dan batu bara di Indonesia.

“Sebetulnya spesifikasi sama dengan yang lain. Tapi, hubungan kami dengan kontraktor cukup baik, jadi kontraktor lain juga melihat. Kalau melihat di Morowali dan Halmahera, sudah 80 persen menggunakan produk kami,” ujar Rosyid.

Selama 15 tahun hadir di pertambangan nikel, Rosyid mengatakan kepercayaan kontraktor terhadap produk Sachman. Selain itu, layanan purna jual yang ditawarkan Motor Sights juga meningkatkan keyakinan para kontraktor untuk menggunakan produk mereka.

“Tsingshan (Group) itu kan utamanya ada factory, ada tambang. Sekarang kebutuhan nikel itu semakin tinggi karena masifnya produksi kendaraan listrik, otomatis mereka butuh tambang nikel yang lain,” ucapya.

Truk Ini Dirancang untuk Angkut Cadangan Nikel di Indonesia

“Tambang nikel yang lain, karena sudah mengacu ke Sachman, akhirnya (kontraktor) menggunakan produk yang kami pasarkan. Karena memang dilihat sejak awalnya (meyakinkan), dan dari biaya juga cukup bagus. Akhirnya berlanjut ke tambang-tambang lain,” sambungnya.



Motor Sights sendiri utamanya berfokus pada produk seri truk berat, seperti dump truck pertambangan, traktor, dan truk flatbed. Tapi, Motor Sights melebarkan sayapnya ke kendaraan niaga, seperti truk cargo, traktor head, dan lainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)